Harta Karun Senilai Rp 4,5 Trilun Ditemukan Di Kapal Spanyol Yang Tenggelam


Pihak kebudayaan Spanyol, Jumat (30/11/2012) untuk pertama kalinya memperlihatkan sebagian dari sekitar 16 ton harta karun, yang ditemukan pada sebuah kapal Spanyol yang tenggelam hampir dua abad lalu di lepas pantai Portugal. Harta karun ini diperkirakan bernilai 500 juta dollar AS atau sekitar Rp 4,5 triliun.

Kantro berita AP melaporkan, bagian kecil dari lunas kapal Nuestra Senora de las Mercedes tenggelam di di Samudera Atlantik tak jauh dari Selat Gilbraltal tahun 1804, diperlihatkan kepada media. Juga diperlihatkan 12 koin perak, dua kotak tembakau emas, dan berbagai benda dari perunggu.

Otoritas Spanyol sudah mencatat semua harta karun ini sejak diterbangkan dari Florida, AS, ke Spanyol, Februari lalu. Benda-benda berharga ini akan ditempatkan di Museum Nasional Arkelologi Bawah Laut di Cartagena, sebuah kota di tepian Laut tengah. Pemajangan barang-barang berharga ini untuk umum akan dimulai tahun depan.

Perkiraan sebelumnya menyebutkan semua harta karun ini bernilai 500 juta dollar AS. Namun pihak Spanyol tak mau memperkirakan berapa nilai harta karun ini karena merupakan warisan budaya Spanyol. UU Spanyol juga tak memungkinkan benda-benda ini dijual.

Diperkirakan ada sekitar 574.553 koin perak dan 212 koin emas dalam harta karun yang sempat diperebutkan perusahaan pencari harta karun Odyssey Marine Exploration, yang sebelumnya mengklaim sebagi harta milik mereka. Perusahaan yang berbasis di Florida ini akhirnya gagal mempertahankan harta yang mereka temukan ini, setelah pengadilan menyatakan bahwa harta karun ini milik pemerintah Spanyol. Odyssey mengaku mengeluarkan biaya sekitar 2,9 juta dollar AS untuk mencari dan menemukan harta tersebut.

Kapal ini membawa harta karun dari kawsana Amerika Latin yang diduga sekarang ini merupakan wilayah negara Bolovia, Peru dan Chile. Pihak Peru sempat mengklaim harta kekayaan ini namun mentah, karena pada saat itu belum ada negara bernama Peru di sana. Harta karun muatan kapal Spanyol Mercedes bagian dari upeti yang diambil para penjelajah Spanyol bagi raja mereka.

One response to “Harta Karun Senilai Rp 4,5 Trilun Ditemukan Di Kapal Spanyol Yang Tenggelam

  1. Kalau harta karunnya banyak emasnya barangkali hasil merampok dari orang indian …Alangkah jahatnya mereka…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s