Camilan Serangga Jadi Daya Tarik Pariwisata Thailand


MULANYA orang akan berpikir tiga kali untuk memakan serangga. Kini memakan serangga seakan menjadi sebuah tren baru sekaligus alternatif camilan sehat. Meski telah diadaptasi ke seluruh dunia, negara yang mempelopori jajanan serangga adalah Thailand.

Serangga memang memiliki nilai gizi yang tinggi. Maka itu, seorang turis Inggris pun rela membuka mulutnya, meraih belalang goreng, dan mengunyah mulai dari kepala, hingga kaki belakangnya. “Ooooooooooooooh,” kata Beverly Burnett, 55, sambil berkerut dengan tawa, takjub, dan gembira.

Belalang goreng dikatakan memiliki tekstur renyah seperti ayam. “Saya makan belalang, cacing sutra, dan cacing kelapa,” kata Burnett. Memang tak afdal rasanya bila berkunjung ke Thailand tanpa mencicipi camilan serangganya yang khas. Malah, kini camilan serangga seakan menjadi nilai lebih dari sektor pariwisata ‘Negeri Gajah Putih’.

Anda juga mudah kok menemukan toko-toko yang menjualnya. Tak hanya sebagai camilan, serangga yang kaya protein bisa dijadikan sebagai hidangan utama.

Kala mencicipinya, sebagian besar wisatawan memang akan ragu-ragu saat memasukkannya ke dalam mulut. “Rasanya seperti ayam ya, ” kata Mark Spedding, 25, seorang manajer bar dari Inggris, setelah mengunyah sampel larva ulat sutra untuk pertama kalinya. “Ini tidak seperti yang saya bayangkan. Tidak juicy, tapi kering,” lanjutnya.

Serangga memang dimakan sebagai masakan di banyak negara di seluruh dunia, terutama di Afrika dan Asia. Para ahli kesehatan pun menyebutkan serangga kaya protein tinggi, kolesterol rendah, dan mengandung banyak mineral dan vitamin. Jadi, jangan ragu lagi mengunyah ulat atau belalalng saat berplesiran ke Thailand.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s