Israel Hadapi Serangan Bom Bunuh Diri Di Bulgaria Yang Menewaskan 7 Warga Sipil


Pemerintah Bulgaria merilis rekaman video yang menunjukkan pelaku bom bunuh diri yang menewaskan turis-turis Israel. Tidak hanya itu, pemerintah Bulgaria juga mengaku telah memiliki sidik jari pelaku.

“Pelaku adalah orang yang sebenarnya tidak menarik perhatian dibandingkan turis-turis lainnya. Pria ini berusia sekitar 36 tahun. Kami memiliki sidik jarinya,” ujar Menteri Dalam Negeri Bulgaria, Tsvetan Tsvetanov, dalam konferensi pers seperti dilansir oleh AFP, Kamis (19/7/2012).

Otoritas setempat juga akan melakukan tes DNA terhadap pelaku untuk mengetahui lebih lanjut soal identitasnya.

Dalam rekaman video tersebut, terlihat pelaku yang seorang pria berkulit putih dengan rambut pirang yang panjang, diduga wig, tengah berjalan berputar-putar di bandara. Pria tersebut terlihat mengenakan kaos warna biru, celana pendek, sepatu putih, topi bisbol dan kacamata hitam.

Pria tersebut membawa tas ransel besar di punggungnya dan tampak sebuah tas laptop diselempangkan di depan badannya. Video ini sengaja dirilis di sebuah televisi setempat dengan tujuan agar publik yang mengenal atau memiliki informasi tentang pelaku bisa langsung memberitahu polisi.

Ledakan bom yang terjadi di bandara Burgas pada Rabu, 18 Juli itu menewaskan 7 orang, 6 di antaranya warga Israel. Disebutkan bahwa pengeboman itu merupakan aksi bom bunuh diri yang menargetkan sebuah bus yang mengangkut para turis Israel yang baru tiba dari Tel Aviv, Israel. Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu terang-terangan menyebut Iran mendalangi serangan bom tersebut. Pengeboman ini terjadi bertepatan dengan peringatan 18 tahun serangan bom terhadap pusat komunitas Yahudi di Buenos Aires, Argentina yang menewaskan 85 orang.

Enam warga Israel tewas dalam serangan bom bunuh diri di Burgas, Bulgaria. Menurut Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak, Israel kini sedang menghadapi “gelombang teror global” yang disponsori Iran.

“Kami sedang menghadapi gelombang teror global… serangan di Burgas dilakukan anggota-anggota Hizbullah dan disponsori Iran,” cetus Barak kepada radio publik Israel seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (19/7/2012).

“Jaringan-jaringan Al-Qaeda dan Jihad Islam juga beroperasi secara global,” imbuhnya seraya menyebutkan serangan-serangan yang terjadi belakangan terhadap warga Israel di seluruh dunia.

Barak pun menegaskan otoritas Israel akan berupaya keras untuk mengungkap para pelaku. “Kami akan melakukan semua hal yang mungkin untuk menelusuri para pelaku dan dalang serangan Burgas dan menghukum mereka,” tegas Barak.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Bulgaria Tsvetan Tsvetanov mengatakan, serangan bom yang terjadi di bandara Burgas tersebut dilakukan oleh seorang pengebom bunuh diri. Belum diketahui identitas si pengebom.

Serangan bom itu menargetkan sebuah bus yang mengangkut para turis yang baru tiba dari Tel Aviv, Israel. Serangan itu menewaskan enam turis Israel dan seorang warga Bulgaria. Serangan ini bertepatan dengan peringatan 18 tahun serangan bom terhadap pusat komunitas Yahudi di Buenos Aires, Argentina yang menewaskan 85 orang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s