Kunjungi Desa Smurf di Spanyol Dengan Populasi 200 Smurf


Pernahkah Anda menonton film Smurf? Ya, film yang menampilkan sosok mahluk mungil dan lucu berwarna biru. Dalam film itu, beberapa adegan diambil di sebuah desa di Spanyol. Nama desa itu adalah Juzcar di Andalusia. Sejak saat itu, Desa Juzcar mengalami peningkatan dramatis di bidang pariwisata.

Desa Juzcar memiliki populasi 200 warga. Namun, hingga kini, desa itu dikunjungi sekitar 125 ribu turis. Pada Juni tahun lalu, penduduk desa itu bersedia ikut serta dalam perombakan drastis guna turut serta dalam film Smurf. Seluruh dinding di kota itu dicat biru!

“Jumlah kunjungan ini tidak akan turun,” kata Wali Kota David Fernandez Tirado. “Meski cuaca di sini dingin, tetap saja memicu banyak minat wisatawan.”

Pascaproses syuting film Smurf, warga pun sepakat untuk mempertahankan warna dinding rumah mereka setelah menyadari potensi pariwisata desa itu.

Sebelumnya, rumah-rumah di desa itu berwarna putih, khas wilayah Andalusia. Transformasi awal Juzcar datang ketika terpilih sebagai satu set untuk film Smurf 3D, yang menampilkan penyanyi Katy Perry.

Fernandez Tirado juga melaporkan adanya berbagai keuntungan yang berkembang di desa itu, termasuk toko-toko suvenir dan restoran. Adapun ‘mercapitufo’ atau ‘pasar Smurf’ masih digelar setiap akhir pekan dan hari libur.

Di pasar itu, ada sampai dengan 20 pemilik kios yang menjual pernak-pernik Smurf. Tak pelak, Juzcar sekarang pun memiliki sekitar 2.000 pengunjung setiap akhir pekan. Jumlah itu bahkan lebih tinggi saat masa liburan.

Menurut wali kota, cat biru ala Smurf telah mendorong ekonomi lokal, kebahagiaan masyarakat, prospek usaha dan lapangan kerja, dan popularitas desa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s