Tantowi Yahya dan Vena Melinda Ditolak Saat Berkunjung Ke Jerman Sebagai Anggota DPR


Setidaknya ada 10 anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari Komisi Pertahanan DPR yang tiba di Berlin, Jerman, untuk melakukan kunjungan kerja. Mereka menyempatkan diri bertemu dengan para pelajar, mahasiswa-mahasiswi, organisasi, serta elemen masyarakat Indonesia yang tinggal di sana. Rombongan itu ternyata tidak mendapatkan sambutan meriah dalam malam pertemuan yang berlangsung di KBRI Berlin, Selasa, 24 April 2012. Rombongan anggota DPR yang datang ke Jerman beserta anggota keluarganya itu malah diprotes para mahasiswa perwakilan dari Perhimpunan Pelajar Indonesia di Jerman, PPI Berlin, dan Nahdlatul Ulama cabang istimewa Jerman.

Para mahasiswa mengkritisi sikap anggota DPR yang melakukan kunjungan kerja dengan membawa serta keluarga mereka. Tak hanya memprotes dan membacakan pernyataan sikap menolak kehadiran anggota DPR, mereka juga berbondong-bondong keluar ruangan.

Siapa saja 10 anggota DPR dari Komisi Pertahanan yang pelesir ke Jerman itu?

1. TRI TAMTOMO, SH dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan

2. NURHAYATI ALI ASSEGAF dari Fraksi Partai Demokrat

3. HAYONO ISMAN dari Fraksi Partai Demokrat

4. VENA MELINDA dari Fraksi Partai Demokrat

5. AHMED ZAKI ISKANDAR ZULKARNAIN dari Fraksi Partai Golongan Karya

6. H.A. MUCHAMAD RUSLAN dari Fraksi Partai Golongan Karya

7. NEIL ISKANDAR DAULAY dari Fraksi Partai Golongan Karya

8. TANTOWI YAHYA dari Fraksi Partai Golongan Karya

9. YORRYS RAWEYAI dari Fraksi Partai Golongan Karya

10. LUTHFI HASAN ISHAAQ, MA dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

Kunjungan kerja anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat ke Jerman ditolak Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Jerman dan Nahdlatul Ulama (NU) cabang istimewa Jerman. Aksi penolakan tersebut disampaikan dalam pertemuan di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Berlin.

Penolakan pelajar Indonesia terhadap kunjungan DPR itu diunggah ke YouTube. Awalnya, Wakil Ketua Komisi I DPR dari Fraksi Partai Demokrat yang memimpin rombongan, Hayono Isman, memperkenalkan satu per satu anggota Dewan, seperti Tantowi Yahya, Yorris Raweyai dari Fraksi Partai Golkar, dan Vena Melinda Fraksi Demokrat.

Giliran sesi pertanyaan, pelajar justru membuat pernyataan sikap menolak kedatangan DPR. “Saya melihat anggota Dewan selalu merepotkan KBRI yang kerjanya bukan hanya melayani anggota Dewan dan keluarga,” kata pelajar yang mewakili PPI. “Kami juga melihat kedatangan anggota Dewan selalu berjemaah dan berbondong-bondong bersama istrinya.”

“Kami melihat kunjungan Bapak-Ibu yang berbondong-bondong ke luar negeri ini seperti orang kampung. Sangat energik dan bersemangat. Apalagi kalau ada produk baru di sini. Kayak anak kecil yang memamerkan di Indonesia punya mainan baru. Bangga sekali,” katanya.

PPI juga mempertanyakan urgensi studi banding ke Jerman. “Buat apa datang jauh-jauh bawa istri pula, capek-capek, apalagi dengan buang uang rakyat,” katanya. “Melihat rendahnya urgensi kedatangan kali ini yang telah menghabiskan dana Rp 3,1 miliar, kami PPI di Jerman bersama dengan PPI Berlin dan Nahdlatul Ulama cabang istimewa Jerman menolak kedatangan Bapak-Ibu bersama keluarga.”

Badan Kehormatan DPR Prakoso mengatakan baru mengetahui penolakan PPI waktu ditanyai. Alasannya DPR, termasuk dirinya, tengah reses. Prakoso pun sedang berada di daerah pemilihan. “Saya belum mendengar kabar ini, jadi sulit menanggapinya,” ujarnya.

2 responses to “Tantowi Yahya dan Vena Melinda Ditolak Saat Berkunjung Ke Jerman Sebagai Anggota DPR

  1. malu jo….berbondong bondong..kok udele bodong

  2. usir aj tuh penghabis uang rakyat,, sekeluarga ngabisin uang rakyat,,,,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s