Jimmy Carter Meminta Amerika Serikat Untuk Berhenti Berperang dan Menjadi Bangsa Dermawan Saja


Mantan presiden Amerika Serikat Jimmy Carter mengingatkan untuk tidak berperang dengan Iran. Carter pun mengkritik keterlibatan negaranya dalam konflik-konflik yang tidak perlu.

Carter yang menjadi presiden AS dari 1977 hingga 1981 tersebut mengatakan, dirinya tidak menentang konflik jika memang diperlukan. Namun menurutnya, kriteria untuk perang yang pantas kerap kali tidak dipenuhi.

“Perang cuma pantas saat itu merupakan pilihan terakhir setelah semua resolusi damai lainnya ditempuh, ketika semua upaya dilakukan untuk melindungi warga sipil, ketika tujuan konflik tersebut adalah untuk membuat situasi lebih baik, bukan lebih buruk, ketika masyarakat secara umum setuju itu pantas,” kata Carter.

Hal itu disampaikan Carter dalam KTT para peraih Nobel Perdamaian di Chicago, AS seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (24/4/2012).

“Hal itu pastinya tidak masuk dalam kebijakan perang preemtif kita baru-baru ini,” ujar Carter dalam pidatonya.

Dikatakan Carter, AS “nyaris terus-menerus berperang” dalam 60 tahun terakhir, yakni di Korea, Vietnam, Kamboja, El Salvador, Libya, Panama, Haiti, Yugoslavia, Irak, Afghanistan dan lainnya.

“Dan kini kita bermaksud untuk berperang lagi, kemungkinan di Iran,” tutur Carter. Menurut peraih Nobel Perdamaian tahun 2002 itu, kebanyakan perang-perang tersebut tidak memenuhi kriteria untuk perang yang pantas. Bahkan sebagian dari perang-perang tersebut sama sekali tidak diperlukan.

Dalam pidatonya itu, Carter menyampaikan harapannya atas negaranya. Carter berharap, AS bisa dipandang sebagai juara perdamaian, pemimpin lingkungan hidup dan negara paling dermawan di dunia ketika menyangkut hal memberi makan mereka yang lapar dan menentang pelanggaran-pelanggaran HAM.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s