Baru Saja Aceh Kini Meksiko Juga Dilanda Gempa Besar 6.5 Ritcher dan Berpotensi Tsunami


Gempa bumi yang melanda negara bagian Michoacan, Meksiko, direvisi dari 7 Skala Richter (SR) menjadi 6,5 SR. Tidak ada kerusakan serius akibat gempa ini dan Pusat Peringatan Tsunami Pasifik menyatakan tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan.

Kepala Perlindungan Sipil di negara bagian Michoacan, Jorge Romero, menyebutkan, belum ada laporan kerusakan serius akibat gempa ini. Kendati demikian, pihaknya masih melakukan pembaharuan data dari wilayah-wilayah terpencil lainnya.

Sedangkan Walikota Mexico City, Marcelo Ebrard, menyatakan tidak ada kerusakan serius akibat gempa ini di wilayahnya. Aktivitas di Ibukota, maupun sistem transportasi dan operasional bandara berangsur normal. Hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa akibat gempa ini.

Warga memang sempat panik dan berhamburan keluar hingga ke jalanan. Namun sekarang kondisi berangsur-angsur normal. Demikian seperti dilansir oleh Reuters, Kamis (12/4/2012).

Survei Geologi Amerika Serikat (AS) awalnya mencatat gempa berkekuatan 7 SR terjadi di wilayah barat negara bagian Michoacan, namun kemudian merevisinya menjadi 6,5 SR. Pusat gempa berada di kedalaman 20 km. Gempa ini terjadi sekitar 384 km dari sebelah barat daya Mexico City. Lembaga itu menyebut gempa ini berpotensi menimbulkan tsunami dan juga tanah longsor.

Gempa tersebut diikuti oleh sejumlah gempa susulan, namun dengan kekuatan yang tidak besar.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik yang bermarkas di Honolulu, Hawaii juga menegaskan, pihaknya tidak mengeluarkan peringatan tsunami. Namun salah satu ahli kelautan dari Pusat Peringatan Tsunami Pasifik, David Walsh menyatakan, pusat gempa memang berdekatan dengan wilayah perairan, dan dengan kekuatan yang cukup besar seperti ini memang berpotensi menimbulkan tsunami.

Sebuah gempa dengan kekuatan cukup besar mengguncang Meksiko pada Rabu waktu setempat atau Kamis (12/4/2012) pagi waktu Indonesia. Gempa tersebut tercatat berkekuatan 7,0 Skala Richter (SR). Peringatan tsunami disebarkan.

Pusat gempa tersebut berada di kedalaman 65,6 Km di bawah permukaan laut, dan berada pada koordinat 18.390 Lintang Utara dan 102.652 Bujur Barat.

Menurut catatan dari United States Geological Survey (USGS), gempa dapat dirasakan hingga ke beberapa kota. Gempa tersebut paling dapat dirasakan di kota Arteaga, yang berjarak sekitar 26 Km dari pusat gempa. Selain itu beberapa kota besar yang juga bisa mersakan gempa walaupun dalam jumlah yang tidak begitu kuat adalah, Guadalajara dan Acapulco.

USGS merilis, gempa ini memang bisa dirasakan dengan kuat di kota Arteaga dan sekitarnya, namun secara dampak kerusakan yang ditimbulkan, tidak terlalu besar. Namun, mereka memperkirakan kemungkinan adanya beberapa bangunan pemukiman yang rusak akibat gempa.

Peringatan mengenai dini tentang tsunami dan tanah longsor sudah disebarkan oleh pemerintah pusat sebagai dampak tidak langsung dari gempa ini. Hingga sekarang belum ada laporan mengenai jatuhnya korban maupun kerusakan yang diderita akibat gempa yang menghantam Meksiko pagi ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s