Kepala Kepolisian Nasional Korea Selatan Mengundurkan Diri Sebagai Bentuk Tanggung Jawab Karena Seorang Wanita Diperkosa


Kepala Kepolisian Nasional Korea Selatan (Korsel), Cho Hyun-Oh mengundurkan diri dari jabatannya. Pengunduran diri ini terkait kasus pemerkosaan dan pembunuhan seorang wanita yang memicu kemarahan publik.

Cho memutuskan untuk mundur dari jabatannya demi ‘menanggung seluruh tanggung jawab atas kecerobohan yang tak bisa dimaafkan’ yang dilakukan anak buahnya. Dia juga meminta maaf kepada keluarga korban.

“Saya menyampaikan penyesalan mendalam atas kelalaian kepolisian yang berujung pada hal yang mengerikan dan juga atas adanya upaya menutup-nutupi (kelalaian) dengan kebohongan,” ujar Cho dalam konferensi pers dengan media setempat dan dilansir oleh AFP, Senin (9/4/2012).

Dalam kasus ini, polisi menemukan jasad seorang wanita berusia 28 tahun di kota Suwon, Seoul, pada 2 April lalu. Jasad wanita tersebut ditemukan dalam kondisi telah dimutilasi.

Parahnya, diketahui bahwa 13 jam sebelum kematiannya, wanita tersebut sempat menelepon polisi untuk melaporkan percobaan pemerkosaan dan meminta bantuan polisi. Wanita tersebut bahkan memberikan alamat rumahnya dengan jelas, sebelum akhirnya seorang penyusup berhasil merangsek masuk ke dalam kamarnya pada 1 April malam hari waktu setempat.

Saat kejadian, wanita itu bahkan membiarkan teleponnya terus tersambung dengan panggilan darurat kepolisian selama lebih dari 5 menit. Terdengar wanita tersebut berteriak-teriak kesakitan dan memohon belas kasihan si pelaku untuk tidak membunuhnya.

Atas kejadian tersebut, publik merasa kecewa dengan ketidaksigapan polisi dalam menangani panggilan darurat.

Pada Senin (9/4) pagi waktu setempat, Kepolisian Korsel baru berhasil menangkap si pelaku, seorang pria berusia 42 tahun yang merupakan pekerja migran keturunan Korea-China. Si pelaku mengakui dirinya memasukkan potongan tubuh korban ke kantong sampah.

Polisi pun mengakui adanya miskomunikasi antara bagian pusat panggilan darurat dengan personel kepolisian yang saat itu bertugas. Menurut polisi, akibat miskomunikasi ini polisi justru mendatangi alamat yang salah dan korban pun tak terselamatkan.

Ditambahkan Cho, dirinya berjanji untuk membantu keluarga korban dalam mendapatkan kompensasi yang layak dari pemerintah akibat kelalaian polisi ini. Atas permohonan pengunduran diri Cho ini, Presiden Korsel Lee Myung-Bak telah menerimanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s