Fidel Castro Bertemu Paus Benediktus XVI Di Kuba


Paus Benediktus XVI dan pemimpin revolusioner Kuba, Fidel Castro, akhirnya bersua. Dalam pertemuan yang sebelumnya tak direncanakan itu, keduanya bercanda tentang usia mereka

Tanpa diduga, Castro melontarkan pertanyaan, “Jadi, apa sebetulnya pekerjaan Paus?”

Menjawab pertanyaan itu, Paus menceritakan pelayanannya, perjalanan luar negeri, dan pelayanan kepada Gereja. Ia juga mengatakan senang berada di Kuba dan dengan sambutan yang diterimanya.

Keduanya membahas situasi dunia yang sulit dan masalah-masalah umat manusia dari sudut pandang agama dan budaya ilmiah. Paus juga berbicara dengan Castro tentang masalah ketiadaan Tuhan di sebagian besar masyarakat saat ini dan hubungan antara iman dan akal.

Kedua tokoh dunia mengobrol selama sekitar 30 menit di kedutaan Vatikan di Havana menjelang akhir kunjungan tiga hari Paus di Kuba. Dalam kunjungan itu, ia menyerukan kebebasan yang lebih luas dan peran yang juga lebih besar bagi Gereja Katolik di negara komunis itu.

Juru bicara Vatikan, Federico Lombardi mengatakan pertemuan antara Paus Benediktus, 84 tahun, dan Castro, 85 tahun, sebagai sebuah “pertukaran gagasan dalam suasana yang sangat ramah”.

Castro memimpin revolusi tahun 1959 dan mengubah negara di Kepulauan Karibia itu menjadi negara komunis. Ia berkuasa selama 49 tahun sebelum mengundurkan diri karena sakit pada tahun 2008. Di bawah pemerintahannya, Kuba selama bertahun-tahun menyebut dirinya sebuah negara ateis, meskipun hubungan dengan Gereja telah meningkat selama dua dekade terakhir.

Castro tiba untuk pertemuannya dengan Paus menggunakan Mercedes SUV di tengah penjagaan keamanan yang ketat. Dia didampingi oleh dua asisten, yang mendukung dia saat berjalan perlahan-lahan menaiki tangga ke gedung bercat putih dimana Paus Benediktus sudah menunggunya. Di gedung ini pula Paus Yohanes Paulus II menginap selama kunjungannya pada tahun 1998.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s