Perang Afghanistan Tidak Sebanding Dengan Biaya Serta Manfaat


Sebanyak 60 persen warga AS percaya, perang di Afghanistan tidak sebanding dengan biaya perang itu, dan dalam persentase yang hampir sama menganjurkan penarikan lebih awal pasukan AS dari negara itu, demikian hasil sebuah jajak pendapat baru.

Survei yang dilakukan ABC News dan The Washington Post itu menunjukkan, jumlah orang yang skeptis hampir dua kali lipat dari 35 persen orang yang mengatakan bahwa upaya selama satu dekade itu sebanding dengan biaya dan nyawa yang hilang.

Secara keseluruhan, 54 persen warga AS ingin menarik pasukan AS dari Afghanistan bahkan walaupun tentara Afganistan tidak cukup terlatih untuk melanjutkan tugas yang akan ditinggal tentara AS dan lebih memilih membiarkan rakyat Afghanistan bila ingin saling membunuh.

Sekitar enam dari 10 anggota Partai Demokrat dan independen mendukung posisi tersebut, kata jajak pendapat itu. Di kalangan Partai Republik, empat dari 10 orang mengambil posisi yang sama.

Hanya 30 persen orang Amerika yang percaya bahwa rakyat Afganistan mendukung strategi AS saat ini di negara mereka, kata survei itu. AS dan sekutu NATO-nya berencana untuk menarik pasukan mereka dari Afganistan pada akhir 2014, kemudian menyerahkan operasi keamanan kepada tentara Afganistan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s