Libya Dibawah Pimpinan Muammar Khadafi Miliki Ribuan Senjata Kimia Yang Tidak Dilaporkan


Di bawah kepemimpinan Muammar Khadafi, Libya ternyata memiliki senjata kimia terselubung. Senjata yang disebut gas mustard tersebut tidak dilaporkan kepada Organisasi Pencegahan Senjata Kimia (OPCW), padahal Libya merupakan anggotanya.

Keberadaan senjata kimia ini diungkap oleh para pengawas OPCW usai datang berkunjung ke Libya, pekan lalu. Kedatangan tim pengawas OPCW tersebut untuk memeriksa temuan senjata sisa-sisa rezim Khadafi yang belum diketahui sebelumnya, yang ditemukan oleh Dewan Transisi Nasional (NTC) usai Khadafi lengser.

“Sesuai dengan permintaan pemerintah Libya, para pengawas datang untuk memeriksa persediaan senjata, terutama peluru meriam, yang kemudian ditetapkan sebagai senjata kimia dan seharusnya dilaporkan,” demikian pernyataan OPCW, seperti dilansir oleh AFP, Jumat (20/1/2012).

Meriam-meriam yang bisa diisi bahan kimia tersebut disimpan di sebuah gudang senjata di Ruwagha, Libya bagian tenggara. Diketahui bahwa meriam tersebut disimpan bersama dengan persediaan sulfur mustard dan senjata kimia lainnya dalam jumlah banyak. Untuk senjata kimia lainnya telah dilaporkan oleh Khadafi, namun ternyata tidak juga dihancurkan hingga sekarang.

“Libya sekarang harus mengajukan rincian rencana dan waktu untuk penghancuran semua bahan kimia yang telah dilaporkan kepada OPCW tersebut, tidak lebih dari tanggal 29 April 2012, itu batas akhir penghancuran,” imbuhnya.

Rezim Khadafi telah bergabung dengan OPCW yang bermarkas di Den Haag, pada 2004 lalu. Namun ternyata Khadafi hanya menghancurkan 45 persen persediaan senjata kimia yang dilaporkannya, sebelum fasilitas penghancuran rusak pada Februari 2011 lalu akibat serangan pemberontak.

Di gudang persenjataan tersebut ditemukan sebanyak 11,5 ton gas mustard. Jumlah ini belum ditambah dengan persediaan senjata yang ditemukan oleh NTC pada tahun lalu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s