Kredibilitas Perusahaan Meningkat Bila Melakukan Suap Di China


WikiLeaks kembali beraksi. Kali ini, situs pembuka kawat diplomatik ke publik itu membocorkan sulitnya berinvestasi di tambang China. Pasalnya, perusahaan harus menyediakan sogokan untuk pemerintah setempat.

Hal tersebut dikemukakan oleh mantan Senator Australia dalam surat elektronik alias email yang dipublikasikan WikiLeaks, dikutip oleh AFP, Selasa (28/2/2012).

Email yang dipublikasikan tersebut merupakan salah satu dari ribuan surat elektronik yang dikumpulkan perusahan intelejen Amerika Serikat (AS), Stratfo, mulai dipublikasikan oleh WikiLeaks sejak Senin kemarin.

Email yang berjudul ‘Insight — China/mining’ itu menyatakan, pemerintah China tidak mampu menahan nafsunya untuk korupsi ketika melakukan pembicaraan kerjasama.

“Ketika perusahaan asing punya akses untuk berinvestasi, mereka biasanya jadi ragu-ragu karena sektor tambang di China merupakan sektor yang sangat korup,” kata senator yang tidak disebutkan namanya tersebut.

Email tersebut dikirim pada medio 2010, hanya satu bulan setelah salah satu eksekutif perusahaan Australia ditangkap di China dan dihukum 10 tahun setelah pengadilan Shanghai court membuktikan ia bersalah karena menilap uang jutaan dolar dari perusahaan China beserta rahasia pembuatan baja di tahun 2009.

Peristiwa itu menghancurkan hubungan antara Beijing dan Australia yang merupakan rekan kerja terbesar dan terlama di sektor tersebut. Masih dalam email yang sama, senator itu juga menyatakan korupsi di China sudah menyebar ke seluruh sektor.

“Mereka tidak mau tahu mengenai aturan pertambangan yang diterapkan oleh Australia. Mereka juga percaya bahwa untuk mendapatkan izin tambang, perusahaan tidak hanya harus memenuhi syarat lingkungan,” tambahnya.

“Mereka pikir anda tidak punya kredibilitas, kecuali anda berani memberi suap,” ujarnya.

WikiLeaks mulai mempublikasikan email Stratfor dalam jumlah yang banyak Senin kemarin. Email yang bisa dilihats secara bebas dan gratis itu yang telah dikirim dalam jangka waktu Juli 2004 sampai December 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s