Lukisan Women’s Head Karya Pablo Picasso Dicuri Dari Galeri Nasional Yunani


Lukisan karya pelukis legendaris Pablo Picasso dicuri dari Galeri Nasional Yunani, Senin kemarin. Lukisan berjudul “Women’s Head” yang dibuat Picasso pada 1939 itu raib bersama lukisan “Mill” karya seniman Belanda Piet Mondrian di Galeri Nasional Yunani. “Itu semua terjadi dalam tujuh menit,” kata seorang pejabat polisi yang menolak disebutkan namanya kepada Reuters, Senin, 9 Januari 2012.

Menurut keterangan aparat kepolisian setempat, komplotan pencuri masuk ke galeri pagi hari. Untuk mengecoh penjaga, para pencuri menyalakan alarm galeri selama beberapa kali sebelum masuk ke dalam sekitar pukul 04.30 waktu setempat.

Penjaga galeri kemudian mematikan alarm dan melihat pencuri masuk melalui alat pendeteksi gerakan dalam gedung. Sebelum melarikan diri, kelompok pencuri sempat menjatuhkan satu lukisan “Landscape” karya Mondrian.

Selain tiga lukisan itu, para pencuri juga mengambil satu sketsa milik pelukis Italia, Guglielmo Caccia, yang disumbangkan ke galeri pada 1907. Tidak jelas berapa banyak orang yang terlibat dalam pencurian itu. Polisi kini sedang memburu tersangka dan hasil curiannya di Yunani dan luar negeri.

Sebelumnya di Serbia, dua lukisan karya Picasso juga raib dicuri. Dua lukisan itu ditaksir bernilai hingga jutaan dollar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s