Obat Kumur Colgate Ditarik Dari Peredaran Karena Tercemar Bakteri Burkholderia


LEBIH dari 50 ribu botol obat kumur (mouthwash) bermerek Colgate ditarik dari peredaran di Inggris karena dikhawatirkan produk ini mungkin telah terkontaminasi oleh bakteri.

Colgate-Palmolive mengumumkan pada Rabu (2/11) bahwa pihaknya menarik produk obat kumur Periogard, setelah beberapa sampel ditemukan mengandung bakteri burkholderia.

Badan Pengawas Obat dan Kesehatan Produk (MHRA) mengatakan obat kumur yang terkontaminasi tidak menyebabkan kerugian bagi orang sehat, tapi bisa menyebabkan infeksi pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang bermasalah atau dengan kondisi paru-paru kronis seperti cystic fibrosis.

Selain Inggris, obat kumur ini juga telah ditarik dari peredarannya di 11 dari 12 negara di Eropa dan Autralasia seperti Australia, Selandia Baru dan pulau-pulau di sekitarnya Samudra Pasifik dengan berbagai nama merek yang berbeda. Gerald Heddell dari MHRA mengatakan, “Bagi orang sehat seharusnya tidak ada masalah, namun untuk beberapa orang mungkin ada potensi risiko infeksi kecil. Seandainya ada yang mengalami efek samping yang patut dicurigai setelah menggunakan produk ini, segeralah menghubungi dokter.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s