Aktris Wanita Iran Divonis Cambuk 90 Kali Karena Protes Atas Ketidak Adilan Ekonomi


Mahkamah Agung Iran memvonis aktris Marzieh Vafamehr dengan hukuman penjara setahun dan cambuk 90 kali lantaran tampil di film yang mengundang kritik keras dari para pemimpin Negeri Mulllah itu.

Kabar itu disiarkan sebuah situs milik kelompok oposisi Iran, Kalameh.com, Ahad, 9 Oktober 2011. “Sebuah vonis telah dijatuhkan buat Marzieh Vafamehr, dia dihukum penjara setahun dan cambuk 90 kali.” Kalameh.com menulis pengacara Vafamehr sudah mengajukan banding, tapi permohonan itu ditolak pada Sabtu lalu.

Vafamehr ditangkap Juli lalu setelah bermain di film berjudul My Tehran for Sale. Dia akhirnya dibebaskan dari tahanan dengan membayar uang jaminan yang tidak diketahui besarnya.

Film ini merupakan hasil produksi bersama dengan Australia. Bercerita tentang seorang aktirs muda Teheran yang teaternya dibekukan oleh pemerintah. Ia lantas mendirikan teater secara sembunyi-sembunyi untuk mengekspresikan dunia seninya.

Kantor berita Fars melaporkan film itu belum menjalani proses sensor walau sudah tayang. Walhasil, My Tehran for Sale ini dicap illegal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s