Ibadah Haji Merupakan Kebangkitan Bangsa Iran Sebagai Perwakilan Umat Muslim Dunia


Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mendeskripsikan haji sebagai sebuah peristiwa budaya yang besar dan unik sekaligus peristiwa politik dalam kehidupan manusia. Pernyataan Ahmadinejad disampaikan kepada otoritas Iran yang mengurusi haji, Rabu 5 Oktober 2011.

Menurut dia, ritual haji tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya mengingat perkembangan yang terjadi di jazirah Arab. Ahmad menuturkan saat ini dunia menjadi saksi peristiwa yang menunjukkan kebangkitan bangsa Iran.

Ahmadinejad menekankan pentingnya ibadah haji. “Peristiwa ini sangat besar dan kemungkinan untuk manipulasi bisa saja terjadi untuk isu sosial, politik, dan budaya,” ujar dia.

Dia juga memperingatkan banyak gerakan dalam sejarah mencapai cita-cita Illahi yang telah tersesat arahnya. Sesatnya pencarian tersebut, kata dia, karena kurangnya kepemimpinan yang tepat. Akibatnya banyak gerakan berakhir dalam era kolonialisme yang sama dengan selimut yang beda.

“Slogan untuk melawan Amerika Serikat dan rezim zionis harus diteriakkan dengan lantang selama berhaji nanti,” ujar mantan Gubernur Ardabil ini. Seruan tersebut diharapkan dapat didengar oleh seluruh dunia karena hadirnya Iran sebagai perwakilan umat muslim seluruh dunia di Arab Saudi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s