Jerman keluarkan Larangan Resmi Berciuman Di Tempat Kerja


ORGANISASI kemasyarakatan Knigge Society di Jerman yang kerap memberi saran-saran mengenai etika dan perilaku sosial menyerukan agar berciuman di tempat kerja dilarang. Menurut Knigge Society praktek menyambut teman atau mitra bisnis dengan mencium pipi tidak nyaman bagi kebanyakan warga Jerman.

Ketua Knigge Society, Hans-Michael Klein, mengatakan dia menerima berbagai email dari pekerja yang prihatin soal masalah ini. Dia menyarankan agar orang di tempat kerja cukup bersalaman saja. “Kami tidak bisa mengizinkan (berciuman di tempat kerja),” katanya seperti dikutip dari BBC Indonesia.

“Namun kami harus melindungi orang-orang yang tidak ingin dicium. Jadi kami menyarankan bahwa jika orang tidak keberatan, mereka bisa mengumumkan dalam pesan di kertas kecil yang disimpan di mejanya,” katanya. “Orang mengatakan ini bukan perilaku khas orang Jerman. Kebiasaan ini datang dari tempat lain seperti Italia, Prancis dan Amerika Selatan serta memiliki konteks budaya tersendiri. Kami tidak menyukainya, kata mereka”

Menurut Klein, dia telah menerima 50 email tahun ini saja mengenai bertambahnya jumlah orang berciuman pipi -kadang-kadang malah di kedua pipinya- sebagai penyambutan di tempat kerja.

Knigge Society pernah membahas masalah ini dan melakukan survei terhadap orang-orang di jalan maupun di seminar.
“Sebagian besar orang mengatakan tidak menyukainya. Mereka merasakan terdapat aspek erotis di dalamnya, semacam kontak tubuh yang dapat digunakan para pria untuk mendekati seorang wanita,” lanjutnya.

Menurut dia, di Eropa terdapat “zona jarak sosial” selebar 60cm yang harus dihormati. “Knigge” diterjemahkan sebagai “perilaku sopan” dan kelompok ini berkantor di sebuah kastil, 80 kilometer dari Dortmund, di Jerman barat. Sebelumnya telah memutuskan bahwa perilaku untuk mengakhiri hubungan melalui pengiriman pesan pendek SMS adalah tidak sopan dan pengecut serta cara memperlakukan ingus di depan publik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s