Konduktor Argentina Daniel Barenboim Dinominasikan Raih Nobel Perdamaian


Selalu ada suara perdamaian dalam musik. Konduktor berdarah Argentina-Israel Daniel Barenboim (69) memercayai hal itu. Lewat musik, ujar Barenboim, semua orang bisa dibuat tertarik dan memiliki kegairahan yang sama terhadap sesuatu.

Ya, musik bagi dia adalah sarana menebar cinta dan perdamaian. “Musik memang tak bisa memecahkan konflik tetapi musik memiliki kemampuan membuat orang tertarik dan memiliki kegairahan terhadap sesuatu hal,” ujarnya sebelum tampil memandu kelompok orkestra di Korea Selatan.

Suara-suara perdamaian yang dilontarkannya, kemudian mengantarkan sosoknya sebagai orang yang diunggulkan sebagai nomine untuk diganjar nobel perdamaian. Barenboim dianggap sebagai seniman yang menggunakan musik untuk membawa perdamaian di kawasan timur tengah.

Rabu (10/8/2011) waktu setempat, para pendukungnya mengumumkan kabar diunggulkannya sang konduktor sebagai peraih nobel perdamaian dalam pembacaan nominasi yang akan dilangsungkan di akademi bahasa the Academia Argentina de Letras, Buenos Aires, Argentina, 17 Agustus mendatang.

Sekitar 2,500 orang di Argentina memberikan dukungan penuh kepada Barenboim untuk menjadi nominasi penghargaan bergengsi itu.

Selain Barenboim, mantan Presiden Uruguay Julio Maria Sanguinetti dan penulis Juan Jose Sebreli juga turut dipromosikan sebagai nomine.

Sepak terjang Barenboim dalam menyuarakan perdamaian diperlihatkannya ketika bersama intelektual asal Palestina Edward Said, Barenboim membawa bersama-sama anak-anak muda Arab, Israel dan Iran untuk tampil dalam sebuah orkestra yang diberi nama the West-Eastern Divan Orchestra. Mereka melakukan tur dunia pada tahun 1999.

Sejak tahun 1992, Barenboim telah menjadi konduktor di the Staatsoper, Berlin, satu dari tiga gedung opera yang berada di ibukota Jerman.

Lahir di Buenos Aires, 69 tahun lalu, dari orangtua asli Rusia berdarah Yahudi. Pria yang juga memilik kewarganegaraan Spanyol dan memiliki paspor Palestina ini, dikenal cukup getol mempromosikan perdamaian antara Israel dengan tetangganya, terutama warga Palestina.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s