Puluhan Mayat Pengungsi Libya Dibuang Kelaut


Beberapa orang yang selamat di satu kapal yang membawa pendatang gelap dari Libya ke Italia, Kamis (4/8/2011), mengatakan puluhan mayat dibuang ke laut.

Kapal tersebut, yang membawa sebanyak 300 pengungsi menurut beberapa penyintas, mengalami mogok mesin beberapa jam setelah meninggalkan Libya, demikian laporan kantor berita ANSA, yang dikutip Xinhua.

Kapal itu pertama kali dicegat oleh satu kapal Siprus, yang mengirim tanda bahaya ke polisi pantai Italia ketika beberapa pendatang di kapal tersebut melompat ke laut menjangkau kapal Siprus tersebut. Namun mereka gagal mencapai kapal itu.

Empat kapal patroli dikerahkan dari Lampedusa, pulau paling selatan Italia, guna membantu memindahkan para pendatang itu ke pulau kecil setelah polisi pantai menerima tanda bahaya.

Beberapa imigran yang berada dalam kondisi kritis segera dibawa ke pusat kesehatan Lampedusa atau rumah sakit di Palermo, ibu kota wilayah Sisilia.

Lampedusa baru-baru ini telah diguncang oleh gelombang baru imigrasi. Pada Senin (1/8/2011), 25 warga Libya yang menyelamatkan diri dari perang saudara di negara mereka ditemukan dalam keadaan tewas di satu kapal sepanjang 15 meter yang membawa lebih dari 170 pengungsi.

Mereka dikatakan telah tewas akibat sesak nafas di ruang mesin kapal itu, yang disesaki penumpang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s