Ratusan Orang Dievakuasi Karena Gempa Besar Di Xinjiang China


Ratusan orang terpaksa dievakuasi setelah gempa dangkal merusak rumah mereka di wilayah Xinjiang, di bagian barat jauh China, menurut media negara, Selasa.

Gempa berkekuatan lima pada Skala Richter itu melanda Senin pukul 3.05 waktu setempat (pukul 2.05 WIB) pada kedalaman 15 kilometer dengan pusat gempa 285 kilometer di tenggara Altay, sebuah kota berpenduduk 142.000 orang dekat perbatasan Mongolia, kata Survei Geologi AS.

Gempa itu telah menyebabkan retak-retak di lebih dari 300 rumah dan 170 tempat binatang ternak, — memaksa sekitar 460 orang melarikan diri — kantor berita resmi Xinhua melaporkan, dengan mengutip seorang pejabat pemerintah setempat, lapor AFP.

Juru bicara itu menyatakan gempa juga “merusak hidup” 23.000 orang lebih, lapor Xinhua tanpa menjelaskan bagaimana hal itu terjadi. Belum ada laporan mengenai korban. Xinjiang adalah wilayah pegunungan yang sangat luas di bagian baratlaut China, yang mencakup sekitar seperlima dari negara itu. Sekitar 20 juta orang tinggal di wilayah itu, delapan juta dari mereka orang Uighur, kelompok Muslim yang berbicara dalam bahasa Turki.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s