Muammar Qadhafi Umumkan Perang Terhadap Makar Pemberontakan Partai Politik Oposisi


Pemimpin Libya Muammar Qadhafi memerintahkan pendukungnya berperang dengan demonstran mulai hari ini, Rabu (23/2). “Kalian laki-laki dan perempuan yang mencintai Qadhafi, keluar dari rumah dan penuhi jalanan. Tinggalkan rumahmu dan serang mereka di sarangnya,” kata dia tadi malam di kediamannya yang disiarkan televisi.

Qadhafi berseru dari podium di depan gedung yang pernah dibom oleh angkatan udara Amerika pada 1980. Bangunan itu dibiarkan rusak sebagai monumen. Kepada pendukungnya Qadhafi mengatakan ia adalah pejuang revolusioner dan akan mati sebagai martir.

Ia pun menegaskan sebagai pemimpin revolusi, ia bukan presiden yang bisa diminta mundur. “Saya belum perintahkan penyerangan, belum perintahkan penembakan, saat itu saya perintahhkan, semua akan terbakar,” tegasnya.

Ia memerintahkan pendukungnya agar mengambil alih jalanan dan menyerang pendemo. Ia meminta mereka memakai ikat lengan berwarna hijau sebagai identitas mereka.

Pidato Qadhafi itu ditayangkan di layar dan disaksikan ratusan massa pendukungnya yang berkumpul di pusat Green Square, Tripoli.

Dalam pidatonya, Qadhafi mengingatkan ketidakstabilan di negaranya saat ini bisa menjadi kesempatakn bagi kelompok ekstrimis Al-Qaeda membangun basisnya. Ia juga mengingatkan bisa menggunakan kekuatan ekstrim melawan oposisi di kota Derna dan Bayda, seperti yang dilakukan Rusia dan Cina saat komunitas internasional tidak ikut campur tangan.

Ia menawarkan konstitusi baru kepada rakyat, dimulai dari hari ini tetapi menegaskan konstitusi hanya dapat dibuat melalui dialog.

Ia mengatakan generasi muda saat ini menggunakan obat terlarang dan tidak mengerti apapun. Mereka mengikuti pemimpin Islam, dan pemimpin tersebut akan dihukum mati berdasarkan hukum Libya.

Tak berapa lama dari pidato itu disiarkan, Menteri Dalam Negeri Libya Abdul-Fatah Younis mengumumkan pengunduran diri dan mendukung “Revolusi 17 Februari”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s