Madoff Tak Bisa Hadiri Pemakaman Anaknya


Bernard Madoff, penipu terbesar dalam sejarah keuangan Amerika Serikat, saat ini mendekam di dalam penjara. Dia tidak akan menghadiri pemakaman anak pertamanya. Hal itu juga dimaksudkan untuk menjaga privasi menantu dan cucu-cucunya.

Demikian diungkapkan pengacara Madoff di New York, Senin (13/12). Madoff selalu menjadi incaran pers AS, yang terkenal dengan skandal penipuan terhadap nasabah dunia, para selebriti, dan bank-bank besar menyangkut dana minimal 20 miliar dollar AS.

Madoff yang berdarah Yahudi mengumpulkan dana-dana dari klien dan kemudian tertipu karena mendadak kehilangan dana dalam jumlah besar.

Ira Sorkin, pengacara Madoff, mengatakan bahwa Madoff akan berdoa secara pribadi di penjara Carolina Utara, tempat dia menjalani hukuman selama 150 tahun.

Anak tertua Madoff, Mark Madoff (46), gantung diri di apartemennya, Sabtu, tepat dua tahun setelah ayahnya ditangkap. Mark merasa gelisah akibat skandal ayahnya.

Sorkin menolak mengatakan apakah Madoff berharap bisa hadir pada pemakaman anaknya. ”Tuan Madoff tidak akan menghadiri pemakaman demi privasi menantu dan cucunya,” ujarnya.

Laporan dari beberapa media menyebutkan, Madoff tidak akan meminta izin untuk meninggalkan penjara demi menghadiri pemakaman anaknya. Juga ada peraturan yang menyatakan, narapidana dengan masa hukuman lebih dari dua tahun tidak dapat meninggalkan penjara.

Sorkin berbicara satu hari setelah kantor medis setempat menyatakan Mark Madoff tewas karena bunuh diri. Madoff muda ditemukan tergantung di apartemennya. Anaknya yang berusia 2 tahun terlelap di kamar sebelahnya.

Hingga Senin, jenazah Mark belum diambil dari kamar jenazah medis setempat, ujar juru bicara Ellen Borakove.

Kematian itu terjadi setelah keluarga Madoff menghadapi peningkatan penyelidikan beberapa hari menjelang kematiannya. Belakangan, wali amanat yang ditunjuk pengadilan berupaya mengumpulkan kembali dana untuk para investor.

Keluarga diamati

Tindak-tanduk Mark Madoff juga adiknya, Andrew Madoff, serta pamannya, Peter Madoff, dipelajari dengan saksama oleh para penyelidik. Mereka berupaya mengetahui bagaimana Bernard Madoff bisa melakukan penipuan selama dua dekade tanpa diketahui orang di lingkaran dalamnya. Padahal, saudara dan anak Madoff tersebut memegang jabatan dalam bisnis keluarga.

Pada November 2008, Madoff menginformasikan kepada investor bahwa dana investasi awal mereka yang berjumlah 20 miliar dollar AS telah berkembang menjadi tiga kali lipat. Beberapa hari kemudian, dia mengaku kepada anaknya bahwa investasi tersebut merupakan akal-akalan saja. Dia mengatakan hanya memiliki dana beberapa ratus juta dollar AS dari para investor.

Dalam dokumen di pengadilan, seorang pengacara anaknya mengatakan, kliennya merupakan peniup peluit (whistle blower). Anaknya telah memberitahukan kepada otoritas setempat segera setelah ayah mereka mengakui soal penipuan tersebut. Baik anak maupun adik Madoff tidak dituduh sebagai pelaku kejahatan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s