Konsolidasi Fiskal Prioritas Eropa


uang euro agar segera mengadopsi dan menjalankan serangkaian langkaOrganisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan mengingatkan 16 negara pengguna matah tegas untuk mengurangi beban utang mereka. Ini perlu demi mengoreksi ketidakseimbangan perekonomian yang selama ini terjadi.

Berbagai langkah itu harus bisa dilakukan jika tetap ingin terus mengalami pemulihan (ekonomi) berkelanjutan. Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) juga mengingatkan agar zona euro segera menempatkan secara benar mekanisme resolusi krisis secara permanen, yang akan memaksa mereka melanjutkan langkah reformasi jika ingin memperoleh bantuan dana. Para pemimpin kawasan itu juga diharapkan segera menggelar sebuah pertemuan tingkat tinggi pada awal pekan ini.

Dalam survei terakhirnya di 16 negara pengguna mata uang euro, OEDC menyebut sebuah ”upaya pemulihan gradual dan berkelanjutan” tengah terus berjalan. Akan tetapi, sepertinya langkah pemulihan bakal sedikit teredam. Menurut ramalan OECD, pertumbuhan di antara negara-negara pengguna mata uang euro bakal mengalami peningkatan, dari 1,7 persen pada 2010 dan 2011 menjadi 2,0 persen.

Namun, OECD juga menekankan pentingnya langkah konsolidasi fiskal sebagai sebuah prioritas, yang harus dilakukan dengan segera demi menstabilkan keuangan publik.

Menurut OECD, hal itu harus sudah dilakukan paling lambat tahun 2011 di semua negara tersebut.

Dalam sebuah laporan disebutkan, ketika sejumlah negara mulai memotong defisit masing-masing, mereka juga harus mengadopsi sejumlah rencana jangka menengah yang rinci dan kredibel sebagai bagian dari upaya perbaikan kebijakan fiskal.

Namun, langkah penghapusan defisit seperti itu dikhawatirkan malah melonjakkan tingkat utang negara-negara tadi, yang bakal menyulitkan ketika mereka harus menghadapi krisis berikutnya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s