Badai Menerjang Midwest, Ribuan Penerbangan Distop


Badai musim dingin mendera sebagian kawasan Midwest di AS, Minggu. Badai mencurahkan salju sampai setinggi 60 cm di beberapa tempat. Hal ini menyebabkan beberapa ruas jalan terpaksa ditutup.

Timpaan salju juga membuat atap stadion besar Metrodome di Minnneapolis runtuh. Sedikitnya empat korban tewas karena cuaca buruk itu.

Peringatan bahaya badai salju diberlakukan di Iowa timur, Wisconsin tenggara, Illinois barat laut, dan Michigan utara oleh Badan Cuaca Nasional. Chicago juga di bawah peringatan badai salju itu.

Cuaca musim dingin itu tergolong buruk. Curahan salju membuat jarak pandang sangat terbatas dan mengacaukan perjalanan udara dan darat.

Di kawasan Chicago, angin bertiup dengan kecepatan 80 km per jam. Suhu juga amat dingin, minus 11 hingga 18 derajat celsius.

1.375 penerbangan batal

Badan Penerbangan Chicago mengatakan, sekitar 1.375 penerbangan dibatalkan di Bandara Internasional O’Hare, Chicago. Penerbangan-penerbangan lain yang beroperasi terpaksa ditunda sampai sedikitnya 45 menit. Sekitar 300 penerbangan lainnya juga dibatalkan di Bandara Midway di kota itu juga.

Polisi Negara Bagian Illinois mengatakan, jalan raya Interstate 80 ditutup setelah terjadi tabrakan beruntun yang melibatkan 24 kendaraan, termasuk semitruk. Ada beberapa orang yang cedera, tetapi tidak ada korban jiwa. Tujuh kendaraan juga bertabrakan di Interstate 94 sebelah barat Milwaukee sehingga membuat pihak berwenang menutup jalur ke arah barat.

Gubernur Wisconsin Jim Doyle menyatakan, keadaan darurat diberlakukan untuk 72 wilayah dari negara bagian itu.

”Kondisi semakin buruk dan sebaiknya kendaraan tidak digunakan,” kata Superintendent David Collins dari polisi lalu lintas Wisconsin.

Di Negara Bagian Wisconsin, angin bertiup bisa mencapai kecepatan 113 km per jam, menurut Badan Cuaca Nasional. Suhu angin dingin diperkirakan turun sampai minus 33 derajat celsius.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s