WikiLeaks Berhasil Memecah Belah Timur Tengah


Timur Tengah terpecah antara pro dan kontra dalam memberikan sikap terhadap bocoran dokumen rahasia oleh situs WikiLeaks. Libya, Mesir, dan Israel tampak pro-situs WikiLeaks. Sebagian besar negara Arab, terutama negara Arab Teluk yang kaya minyak, cenderung membisu tanpa komentar resmi karena merasa dirugikan oleh tindakan situs WikiLeaks itu.

Pemimpin Libya Moammar Khadafy mengatakan, peran WikiLeaks sangat bermanfaat dalam menguak kemunafikan AS. Menurut Khadafy, WikiLeaks menguak bahwa AS yang sebenarnya tidak seperti AS yang dikatakan kepada para sekutu dan sahabatnya bahwa Washington senantiasa bersama mereka.

Tajuk rencana harian setengah resmi Mesir Al Ahram menyambut positif bocoran dokumen karena dinilai tidak banyak merugikan. Dokumen rahasia itu menunjukkan kebenaran sikap politik Mesir selama ini. Al Ahram mencontohkan pernyataan Presiden Mesir Hosni Mubarak kepada salah seorang pejabat tinggi AS, yaitu ”Lupakan demokrasi di Irak”.

Al Ahram menyebutkan, Mubarak ingin menegaskan sikap resmi Mesir bahwa tidak ada gunanya demokrasi yang dipaksakan dari luar. Itulah, lanjut Al Ahram, yang kini terjadi di Irak, yaitu demokrasi yang terseok- seok karena dipaksakan dari luar.

Israel juga menyambut gembira bocoran dokumen rahasia dari situs WikiLeaks. PM Benjamin Netanyahu menegaskan, sebagian besar dokumen rahasia yang menyangkut Israel itu menunjukkan adanya kesamaan sikap antara Israel dan sebagian besar negara Arab, terutama dalam menghadapi Iran.

Di antara dokumen itu disebutkan, Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdul Aziz meminta AS menghentikan program nuklir Iran dengan cara apa pun sekalipun dengan opsi militer.

Kawat diplomatik AS itu juga mengungkapkan, Suriah menolak permintaan Teheran untuk bergabung dengan Iran jika meletus perang Iran-Israel atau Hezbollah-Israel.

Menurut kawat diplomatik tersebut, sejumlah pejabat Iran mengunjungi Damaskus untuk mendiskusikan dan mengantisipasi kemungkinan serangan militer Israel atas Iran terkait program nuklirnya.

 

One response to “WikiLeaks Berhasil Memecah Belah Timur Tengah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s