Swedia Diguncang Bom Bunuh Diri


Paul Stephenson, Kepala Kepolisian Metropolitan London (dikenal dengan Scotland Yard), menawarkan pengunduran dirinya. Hal itu dilakukan setelah sekelompok orang,

pemrotes kenaikan uang kuliah, menyerang kendaraan yang membawa Pangeran Charles dan istrinya, Camilla, Kamis (9/12).

Serangan hari Kamis itu terjadi pada saat berlangsungnya demonstrasi paling keras terhadap rencana pemerintahan koalisi Inggris di bawah Perdana Menteri David Cameron menaikkan uang kuliah menjadi tiga kali lipat.

Pasangan kerajaan itu tidak cedera. Namun, itu merupakan hal yang sangat memalukan bagi polisi, terutama menjelang perkawinan putra Charles, Pangeran William, tahun depan.

Stephenson menelepon Charles keesokan harinya untuk meminta maaf secara pribadi dan menawarkan untuk mengundurkan diri, sebagaimana diberitakan harian Sunday Times.

Seorang juru bicara Kepolisian Metropolitan mengonfirmasikan, Stephenson telah meminta maaf secara pribadi kepada ahli waris takhta itu, tetapi mengatakan tidak akan membicarakan isi percakapan pribadi mereka.

Setelah kejadian serangan itu, Stephenson membela polisi dan mengatakan, ”Rute pasangan kerajaan melalui tengah kota London saat menuju sebuah teater itu telah diperiksa beberapa menit sebelum serangan.”

Ia juga mengatakan, para petugas perlindungan kerajaan telah benar-benar menahan diri dengan tidak menembak ke arah para demonstran yang mengepung Rolls Royce pembawa pasangan kerajaan itu.

PM David Cameron mengatakan, mereka yang bertanggung jawab atas kejadian itu harus dihukum.

Seorang juru bicara pasangan Kerajaan Inggris itu mengatakan ”berterima kasih” atas tindakan polisi dan ”mengerti sepenuhnya kesulitan-kesulitan yang dihadapi polisi”.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s