Situs-situs MasterCard, Visa, dan Pay Pal Diserang


Perang data di dunia cyber terus merebak. Situs-situs kartu kredit MasterCard, Visa, dan Pay Pal dibuat lumpuh. Ini adalah akibat ulah para peretas atau hacktivistpendukung WikiLeaks dan pendirinya, Julian Assange, yang ditahan di London. Jumlah peretas bahkan bertambah.

Voice of America melaporkan, jumlah pengunduh perangkat lunak, yang digunakan untuk menyerang situs MasterCard dan Visa, mendekati 35.000 pengguna, Kamis (9/12). Pada hari Kamis saja pengunduh perangkat lunak tersebut mencapai 19.000 pengguna, dibandingkan 3 Desember yang hanya 352 pengguna.

Menurut VOA, sekitar 10.000 pengguna yang mengunduh perangkat lunak penyerang tersebut adalah penduduk AS.

Gregg Housh, perancang situs yang mengaku sebagai juru bicara kelompok peretas, mengatakan, mereka menyerang situs MasterCard, Visa, dan Pay Pal. Ini dilakukan untuk memberikan pelajaran bahwa langkah mereka memutus hubungan komersial dengan WikiLeaks tak akan mematikan WikiLeaks.

Belanda diserang

Kepolisian Belanda di Den Haag, Kamis, menangkap seorang anak berusia 16 tahun, yang dituduh ikut serta dalam serangan massal terhadap situs MasterCard, Visa, dan Pay Pal. Sehari setelah penangkapan itu, para peretas menyerbu situs kejaksaan dan kepolisian Belanda.

Para peretas juga mencoba menyerang situs Amazon.com, yang menggusur WikiLeaks pekan lalu setelah situs tersebut diusir dari server aslinya di EveryDNS dan kemudian menyewa server di Amazon.com.

Serangan gagal karena kekurangan jumlah penyerang. ”Kami tak bisa menyerang Amazon untuk sementara. Kami menjadwalkan untuk menyerang, tetapi kekuatan kami kurang,” tulis seorang hacktivist di Twitter.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s