Spionase Rusia Menyusup ke Parlemen Inggris


Pemerintah Inggris menangkap dan mendeportasi seorang perempuan Rusia, Katia Zatuliveter (25), atas tuduhan menjadi mata-mata Rusia. Katia sebelumnya bekerja untuk Mike Hancock (64).

Hancock adalah seorang anggota parlemen dari Partai Demokrat Liberal yang bekerja di komite pertahanan di Parlemen Inggris.

Intelijen dalam negeri Inggris (MI5) menemukan sejumlah bukti yang mengindikasikan Katia bekerja sebagai ”agen tidur” untuk kepentingan intelijen Rusia. Dengan status itu, sewaktu-waktu dia dapat dimanfaatkan.

Katia bekerja untuk Hancock yang tertarik soal Rusia. Perkenalan mereka terjadi saat bertemu di Strasbourg. Hancock kerap ke sana untuk kepentingan bisnis sebagai anggota forum parlemen Dewan Eropa.

Penangkapan pertama kali

Penangkapan Katia itu adalah yang pertama pasca-Perang Dingin dan penangkapan pertama mata-mata Rusia yang bekerja di Parlemen Inggris.

Menurut MI5, Katia yang berpenampilan menarik itu memang sengaja memilih Hancock untuk didekati. Namun, dalam kasus itu Hancock malah membela asistennya. ”Dia (Katia) bukan mata-mata. Saya tidak paham dunia spionase, tetapi sekarang dia memang akan dideportasi. Dia merasa tidak bersalah dan akan mengajukan banding. Saya pikir tindakannya tepat,” ujar Hancock soal banding itu.

Dalam kesempatan lain, Kementerian Dalam Negeri Inggris menolak berkomentar dengan mengatakan tidak terbiasa menanggapi kasus-kasus individual macam itu.

Sebelum bekerja di Parlemen Inggris, Katia sebetulnya sudah melalui tahap pemeriksaan pihak keamanan.

Pekan lalu dia ditangkap kepolisian dan imigrasi Inggris dan ditahan di sebuah lokasi menunggu proses deportasi.

Pada Agustus lalu Katia mencoba masuk kembali ke Inggris lewat Bandara Gatwick, London. Aparat Inggris menangkap dan kemudian melepasnya. Namun, Katia sempat ditanyakan soal hubungan kerja dengan Hancock. Inggris kemudian menganggap kehadiran Katia tidak lagi kondusif bagi keamanan nasional Inggris.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s