Cucu Pendiri Jadi Pemimpin


Keluarga pendiri perusahaan elektronik Korea, Samsung, mempromosikan anak pendiri menjadi presiden. Penunjukan ini tampaknya direstui oleh para investor karena harga saham Samsung di bursa saham Korea langsung melejit mencapai rekor tertinggi.

Demikian pernyataan dari Grup Samsung yang dipublikasikan pada Jumat (3/12) di Seoul, Korea Selatan.

Lee Jae-yong (42) diangkat menjadi Eksekutif Vice President Samsung Electronics Co. Sementara adik termuda Lee ditunjuk sebagai presiden dari operator taman bermain dan kawasan wisata yang memainkan peran penting dalam struktur rumit konglomerasi Grup Samsung.

Samsung Electronics merupakan pemain utama dalam industri elektronik global. Perusahaan itu merupakan pemain utama dalam memory chips dan televisi layar datar. Samsung juga menempati peringkat kedua di industri pembuat telepon seluler di belakang Nokia Corp, Finlandia.

Bisnis Samsung tidak hanya seputar elektronik. Di bawah Grup Samsung ada bisnis galangan kapal, konstruksi, wisata, kimia, dan keuangan.

Para investor merestui penunjukan tersebut. Harga saham melonjak 4,1 persen dan mencapai rekor seharga 894.000 won atau sekitar Rp 7 juta per lembar. Kapitalisasi pasarnya mencapai 120 miliar dollar AS. Sekitar 50 persen saham Samsung berada di tangan investor asing.

Shim Jae-youb, seorang ahli saham dari Meritz Securities di Seoul, mengatakan, harga saham melambung karena ada rasa optimisme. Pengangkatan tersebut memberikan sinyal soal rencana untuk pengembangan bisnis ke bidang lain.

Kenaikan harga saham Samsung juga terimbas dampak positif dari pasar saham AS. Peningkatan kepercayaan konsumen di AS meningkat. Ini amat berarti bagi Samsung. AS merupakan salah satu pasar bagi Samsung.

Berspekulasi

Namun, ada juga yang mengatakan bahwa Pemimpin Umum Samsung Lee Kun-hee, orang terkaya Korea Selatan, tengah membuat keputusan ”spekulatif”. Para analis mengatakan, belum ada langkah spektakuler yang dilakukan Lee muda terhadap perusahaan.

”Dengan pergantian manajemen ini dan pengangkatan generasi lebih muda dari keluarga pengendali perusahaan, ada sedikit keraguan. Akan menuju ke mana arah perusahaan di masa yang akan datang,” ujar Kang Sun-sik, fund manager dari Woori Asset Management yang memiliki saham di Samsung Electronics.

Lee Jae-yong, anak laki-laki dari Lee Kun-hee dan cucu pendiri kerajaan bisnis tersebut, sudah diperkirakan akan menjadi presiden saat ayahnya mengatakan hal tersebut kepada wartawan bulan lalu.

Konglomerasi Samsung dibangun pada tahun 1938 ketika Lee Byung-chull, ayah dari Lee Kun-hee, mendirikan bisnis ekspor di kota Daegu.

Samsung Electronics memiliki 17 eksekutif. Naiknya Lee Jae-yong telah dicermati berbagai pihak karena dia adalah salah seorang anggota keluarga pendiri dan diharapkan dapat meneruskan kepemimpinan ayahnya.

Menurut keterangan Grup Samsung, pengangkatan Lee dan eksekutif lainnya merupakan sebuah penyesuaian organisasi untuk menghadapi tantangan ke depan, terlebih lingkungan bisnis yang berubah pesat pada abad ke-21.

Lee Jae-yong diharapkan meneruskan dan memperkuat strategi daya saing bisnis Samsung dan meletakkan dasar kukuh bagi Samsung untuk pertumbuhan bisnis.

Lee Jae-yong, yang juga dikenal dengan Jay Y Lee, bergabung dengan Samsung pada tahun 1991. Dia juga pernah menjabat sebagai pimpinan layanan pelanggan dan vice president untuk perencanaan strategis. Lee lulus dari universitas elite di Korea Selatan, National Univesity, Jurusan Sejarah Asia Timur. Dia juga memiliki gelar MBA dari Universitas Keio di Jepang. Ayahnya adalah lulusan Universitas Waseda.

Saudara perempuan Lee, Lee Boo-jin, menjadi Presiden dan CEO Hotel Shilla, sebuah jaringan hotel mewah. Boo-jin (40) juga diangkat sebagai Presiden Samsung Everland Inc, sebuah perusahaan operator taman wisata tematis

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s