Portugal Percaya Diri Meski Berhutang


Perdana Menteri Portugal Jose Socrates merasa yakin Portugal masih mampu mendanai kebutuhan pinjamannya dari pasar finansial. Sementara itu, parlemen Portugal telah memberikan persetujuan akhir untuk program penghematan anggaran 2011.

Penghematan ini bertujuan mengurangi defisit publik dari 7,3 persen menjadi 4,6 persen dari produk domestik bruto pada 2011.

”Portugal memiliki semua persyaratan untuk membiayai dirinya sendiri. Saya yakin bahwa penetapan anggaran belanja negara akan membantu memperkuat kepercayaan pasar di negeri ini,” ujar Socrates di Lisabon, akhir pekan lalu.

Eropa, menurut Socrates, memiliki pekerjaan yang harus dilakukan, di antaranya strategi cepat menentukan yang akan menjamin stabilitas di zona euro, juga strategi yang tidak mendukung spekulasi dan yang menjelaskan cara tegas untuk mempertahankan mata uang tunggal.

Dibebani dengan beban utang dan defisit, Portugal telah melihat biaya pinjamannya meningkat tajam di pasar obligasi. Hal ini semakin membuat perkiraan bahwa negara itu mungkin harus mengikuti jejak Yunani dan Irlandia dan memohon dana talangan dari sumber-sumber internasional.

Premi risiko dalam memegang obligasi Pemerintah Portugal dibandingkan dengan obligasi Jerman yang lebih aman mencapai rekor pekan lalu karena kekhawatiran meningkat setelah Irlandia meminta bantuan internasional untuk mengucurkan dana talangan. Yunani mendapat talangan dari Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional (IMF) pada Mei lalu dan pejabat Irlandia saat ini melakukan perundingan bantuan serupa dengan Uni Eropa dan IMF.

Socrates juga menyatakan, dengan disetujuinya rencana penghematan oleh parlemen, hal itu akan membantu meyakinkan pasar. ”Saya sangat berharap persetujuan pengetatan anggaran tersebut akan mengembalikan kepercayaan di pasar,” ujarnya.

Harian Financial Times Deutschland menyebutkan bahwa sebagian besar negara di zona euro dan Bank Sentral Eropa menginginkan agar Portugal meniru langkah Irlandia dan Yunani serta meminta dana talangan dari Uni Eropa dan IMF. Juru bicara pemerintah menyatakan, laporan itu sama sekali tidak benar.

Mantan PM Portugal yang kini menjabat sebagai Presiden Komisi Eropa Jose Manuel Barroso mengatakan bahwa rencana bantuan untuk Portugal sama sekali belum dibahas.

Para ekonom mengatakan bahwa Portugal tampaknya menjadi negara zona euro yang akan meminta bantuan keuangan. Sebuah survei yang dilakukan Reuters menghasilkan bahwa 34 dari 50 ekonom yang menjadi responden menyatakan dana talangan akan diminta Portugal segera.

”Pasar saat ini berasumsi bahwa dana talangan tidak hanya diperlukan oleh Portugal, tetapi juga oleh Spanyol. Meski demikian, proses ini akan berjalan lamban karena para pejabat mengingkari hal itu akan terjadi,” ujar Peter Chatwell, analis pada Credit Agricole London. Dia mengatakan, tekanan akan terus terjadi di pasar utang.

Socrates berulang kali menolak bahwa negaranya memerlukan bantuan dana talangan. Dia juga menegaskan bahwa Portugal akan melakukan segala hal untuk memenuhi target pemangkasan defisitnya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s