Pegawai Maskapai Irak Mati Tertembak


Pasukan Amerika Serikat, Minggu (28/11) dini hari, menembak sebuah mobil berkaca gelap yang melaju dalam kecepatan tinggi di jalan menuju Bandara Internasional Baghdad, menewaskan pengemudinya.

Si pengemudi naas itu, menurut sumber militer AS yang tak mau disebut namanya, ternyata adalah seorang pegawai maskapai penerbangan Irak.

Saat mobil itu ”melaju kencang tanpa penerangan lampu”, menurut juru bicara militer AS, Kolonel Barry Johnson, di jalan menuju bandara itu tengah bergerak pula sebuah konvoi militer AS menuju pangkalan AS Camp Victory.

”Si pengemudi gagal mengurangi kecepatannya atau menyalakan lampu sebagai reaksi atas sinyal yang dikirimkan pasukan dari rombongan konvoi,” ungkap Johnson. Maka, kendaraan tak dikenal itu dianggap sebagai ancaman dan pasukan AS pun melepaskan tembakan.

”Kami sangat menyesalkan tindakan yang menyebabkan kematian seorang warga Irak pengemudi mobil itu,” ungkap Johnson pula.

Umumnya pengemudi Irak, kata Johnson pula, ”biasanya tahu bertindak, setiap kali mendekati kendaraan-kendaraan militer”.

Jalan raya menuju bandara internasional Irak dikenal di kalangan militer AS sebagai ”Route Irlandia” atau ”Gang RPG (granat yang digerakkan pelontar roket)” dan sudah dianggap sebagai salah satu ”jalan raya paling berbahaya di dunia”.

Pengguna jalan raya menuju bandara Irak ini dulu biasa menjadi bulan-bulanan serangan para pembangkang pada masa perang sektarian dalam rentang tahun 2006 dan 2007. Juga menjadi tempat sasaran roket dan rudal bagi mereka yang anti-AS setelah invasi AS ke Irak tahun 2003.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s