Partai Pendukung Mubarak Bakal Unggul


Pemilihan umum legislatif Mesir untuk memilih 508 anggota parlemen digelar hari Minggu (28/11). Hasil pemilu ini akan menentukan peta kekuatan politik Mesir dalam menghadapi pemilu presiden yang dijadwalkan pada September 2011.

Partai Nasional Demokrasi (NDP) yang berkuasa hampir dipastikan akan menang mutlak. Dengan demikian, Presiden petahana Hosni Mubarak (82), kandidat resmi NDP pada pemilu presiden tahun depan, tidak memiliki halangan berarti untuk mempertahankan jabatan yang dia genggam sejak 1981.

Pemilu legislatif kali ini diikuti NDP (kubu nasionalis), kandidat dari Ikhwanul Muslimin dengan atas nama kandidat independen (kubu Islamis), partai Tajamu’ dan Partai Nasseris (kubu sosialis/kubu loyalis mendiang Presiden Gamal Abdel Nasser), dan Partai Al-Ghad (kubu liberalis).

Namun, pertarungan hakiki dari sekian partai tersebut adalah hanya antara NDP (nasionalis) dan Ikhawanul Muslimin (Islamis). Ikhwanul Muslimin adalah organisasi terlarang di Mesir sejak tahun 1954, tetapi para kadernya diizinkan menjadi kandidat anggota parlemen dengan atas nama independen.

Sejumlah kekuatan politik informal, seperti Lembaga Nasional untuk Perubahan pimpinan mantan direktur IAEA (Badan Tenaga Atom Internasional) Mohamed ElBaradei dan Gerakan Kifayah, gagal membujuk partai-partai oposisi itu (partai Al-Ghad, Partai Tajamu’, Partai Nasseris, serta Ikhwanul Muslimin) memboikot pemilu.

Kepentingan kubu oposisi tersebut adalah tetap berpartisipasi dalam pemilu legislatif untuk memperebutkan kursi parlemen, meskipun diduga kuat pemilu legislatif itu penuh manipulatif.

Menurut para analis, perolehan kursi kubu oposisi hanya sekitar 80-90 kursi dari 508 kursi parlemen atau sekitar 18 persen. Pada pemilu legislatif 2005, oposisi meraih 20 persen kursi. Bahkan, porsi perolehan kursi antara NDP dan oposisi itu dikatakan merupakan transaksi politik tak tertulis antara partai penguasa dan oposisi.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s