Operasi “Favela” Perang Lawan Narkoba


Setelah persiapan beberapa hari, polisi Rio didukung helikopter dan kendaraan-kendaraan lapis baja pada Minggu (28/11) dini hari melancarkan penggerebekan ke sebuah kompleks permukiman kumuh atau favela di mana antara 500 dan 600 pedagang narkoba bertahan.

Petugas-petugas dari unit elite polisi mulai memasuki Kompleks Alemao, dengan tayangan TV memperlihatkan helikopter-helikopter polisi dan militer terbang rendah untuk memberikan dukungan kepada petugas di darat, sementara ratusan anggota geng narkoba mencoba mempertahankan posisi mereka.

Operasi ini terjadi setelah sepekan kekerasan meluas di Rio, dengan lebih dari 100 mobil dan bus dibakar dan sedikitnya 35 orang tewas, sebagian besar tersangka anggota geng narkoba.

Ratusan tentara di kendaraan-kendaraan lapis baja juga ditempatkan untuk mendukung operasi ini, yang dipandang sebagai sebuah langkah kunci dalam kampanye untuk mengusir para penjahat keluar dari favela di mana mereka sejak lama berkuasa tanpa dapat disentuh tangan hukum.

Polisi dan pasukan bergerak memasuki favela itu didukung kendaraan-kendaraan lapis baja, sementara warga menyaksikan dari jendela di permukiman kumuh sepanjang bukit-bukit curam itu.

Ratusan tentara berseragam loreng dan polisi elite serta reguler telah mengepung Alemao, berlindung di belakang kendaraan-kendaraan lapis baja. Tembak-menembak terjadi antara mereka dan para anggota geng narkoba di banyak jalan dari 44 jalan masuk ke favela itu.

Lebih dari 1.000 polisi dan tentara disiapkan untuk menyerbu kompleks permukiman kumuh, sementara sekitar 600 anggota geng narkoba bertahan. Pihak berwenang mengatakan, penggerebekan itu tak terhindarkan kalau para anggota geng tidak menyerahkan diri.

Pihak berwenang berusaha menerapkan keamanan dan ketertiban di favela yang jumlahnya ratusan di Rio de Janeiro sebelum Brasil menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014 dan Olimpiade 2016.

Tidak mudah menguasai Kompleks Alemao, yang menjadi tempat tinggal 400.000 orang di lereng bukit curam dengan banyak jalan buntu.

Hari Kamis, polisi menduduki favela Vila Cruzeiro, mengusir para anggota geng. Polisi yang dibantu tentara sejak Kamis itu bersiap untuk menggerebek Alemao, tempat para anggota geng bertahan

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s