Dililit Hutang, Pemerintah akan Menaikan Pajak dan Menurunkan Gaji


LISABON, Senin – Portugal dikabarkan berada dalam tekanan dari beberapa negara tetangga untuk segera mencari dana talangan dari Uni Eropa. Negara ini juga diisukan goyah karena lilitan utang. Parlemen Portugal akan menyetujui rencana kenaikan pajak dan pemangkasan gaji.

The Financial Times Deutschland memberitakan, beberapa negara di zona euro ingin agar Portugal segera meminta bantuan untuk menghindari agar krisis utang tidak tersebar lebih luas. Krisis utang di Portugal dikhawatirkan juga akan menyeret Spanyol.

”Jika Portugal mau, dampaknya akan bagus untuk Spanyol karena sangat terkait dengan Portugal,” demikian The Financial Times Deutschland mengutip sumber Departemen Keuangan Jerman.

Para petinggi Uni Eropa sangat percaya diri bahwa zona euro aman-aman saja walau ada tanda bahaya mengenai prospek krisis yang akan melibatkan lebih banyak anggota zona euro.

Lisabon yang bersiap mengumumkan langkah penghematan untuk anggaran 2011 berang. ”Berita ini salah, sama sekali tidak berdasar,” kata seorang juru bicara Pemerintah Portugal.

Ketua Komisi Uni Eropa Jose Manuel Barroso, yang juga warga Portugal, berkomentar. ”Saya dapat mengatakan kepada Anda bahwa laporan itu benar-benar salah,” ujar Barroso.

Juru bicara Jerman juga mengatakan, Berlin tidak mendesak siapa pun untuk meminta bantuan finansial.

Salah seorang sumber dari Pemerintah Spanyol menyatakan, Madrid sama sekali tidak mendesak Portugal mencari pertolongan.

Gubernur Bank Sentral Jerman Axel Weber, salah seorang anggota yang berkuasa dari dewan Bank Sentral Eropa, menyatakan awal pekan ini bahwa Uni Eropa dan badan lain di Uni Eropa memiliki uang mencukupi jika diperlukan Portugal dan Spanyol.

Kanselir Jerman Angela Merkel berkomentar pekan ini bahwa euro berada dalam keadaan sangat serius.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s