Tiga Kartel Narkoba Meksiko Bersatu Hadapi Geng Pembunuh Bayaran


Tiga kartel Meksiko bersatu padu menghancurkan sebuah geng pembunuh bayaran. Geng pembunuh ini telah menjadi organisasi perdagangan narkoba yang ditakuti dengan jangkauan hingga Amerika Tengah. Demikian diutarakan para pejabat AS dan Meksiko, Senin (12/4).

Pergeseran kesetiaan di antara kartel itu mengobarkan pertempuran berdarah di sepanjang perbatasan Texas, AS, dan Meksiko. ”Laporan-laporan intelijen menunjukkan, kartel Teluk telah merekrut mantan saingannya, La Familia, untuk menghancurkan geng Zetas di Negara Bagian Tamaulipas,” kata Ramon Pequeno, Kepala Divisi Antinarkoba Kepolisian Federal Meksiko.

Seorang pejabat badan antinarkoba AS (DEA) mengatakan, kartel Sinaloa, organisasi perdagangan narkoba paling kuat Meksiko, juga bergabung melawan Zetas.

Meningkatnya pamor Zetas telah memberi ancaman bagi tiga kartel itu. ”Ini soal satu musuh yang sama,” kata Will Glaspy, Kepala Kantor DEA di kota perbatasan McAllen, Texas, AS.

Pakta tiga kartel itu terwujud menyusul perpecahan antara kartel Teluk dan Zetas.

Zetas awalnya berperan sebagai kelompok pembunuh bayaran bagi kartel Teluk. Namun, Zetas kemudian ingin menyaingi penciptanya. Tamaulipas sejak lama merupakan kubu bagi kartel Teluk, tetapi Zetas mulai mengambil alih perannya.

Kerja sama tiga kartel itu merupakan konfirmasi resmi pertama mengenai pakta tersebut. Kerja sama itu telah menjadi kabar angin sejak spanduk-spanduk bermunculan di seluruh kawasan beberapa waktu lalu, yang nadanya mengumumkan kampanye oleh ”kartel-kartel Meksiko bersatu melawan Zetas”.

Kampanye untuk menghabisi Zetas telah menimbulkan kekhawatiran akan terjadinya perang terbuka di Tamaulipas. Orang- orang bersenjata memasang rintangan-rintangan jalan di sekitar garnisun tentara dan menyergap patroli-patroli militer. Ini merupakan taktik berani. Menurut para ahli, taktik bertujuan untuk membuat tentara agar tidak ikut campur dalam perang kartel.

”La Familia, yang kubunya adalah di Negara Bagian Michoacan di pesisir Pasifik, telah mengirim sejumlah besar orang bersenjata ke Tamaulipas untuk membantu kartel Teluk menghabisi Zetas,” kata Pequeno. Dia berbicara dalam sebuah konferensi pers untuk mengumumkan ditangkapnya tiga anggota La Familia, termasuk seorang yang mengonfirmasikan aliansi itu kepada polisi.

Glaspy mengatakan, aliansi itu termasuk juga kartel Sinaloa yang dipimpin oleh gembong terkuat Meksiko, Joaquin ”El Chapo” Guzman.

Kartel Sinaloa dan kartel Teluk selama ini merupakan pesaing. Kini keduanya bekerja sama. Hal ini memperlihatkan bahwa Zetas telah menjadi sebuah ancaman bersama. Zetas bermula sebagai sebuah geng serdadu khusus yang direkrut tahun 1990-an untuk menjadi pembunuh bayaran bagi kartel Teluk.

Advertisements

3 responses to “Tiga Kartel Narkoba Meksiko Bersatu Hadapi Geng Pembunuh Bayaran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s