Setelah Yahoo Merugi Kini Renault Tutup Pabrik Sebagai Awal Gelombang Tsunami Runtuhnya Industri Otomotif Dunia


Raksasa otomotif Perancis, Renault, bakal menutup hampir semua pabriknya di seluruh Perancis. Kalangan serikat buruh pekerja Renault, Jumat (24/10), menuturkan, penutupan selama satu hingga dua pekan tersebut akan dimulai pekan depan. Diduga penutupan ini berkaitan dengan krisis ekonomi.

”Hampir semua pabrik akan ditutup untuk satu atau dua minggu atau mungkin lebih. Aksi ini akan dimulai pekan depan pada pabrik di Le Mans yang akan ditutup selama 15 hari dan di Flins akan ditutup juga selama 15 hari,” ujar Fabien Gache dari serikat buruh CGT Renault. Sejauh ini, belum ada reaksi dari pemimpin Renault.

Le Mans yang terletak di Perancis utara dan Flins yang terletak sedikit di luar Paris merupakan lokasi dua pabrik terbesar Renault di Perancis.

Menurut Gache, pabrik ketiga akan ditutup selama sepekan dan pabrik keempat sudah beroperasi dengan setengah kapasitas.

Renault sebelumnya menegaskan, nilai penjualan pada kuartal ketiga 2008 turun 2,2 persen menjadi 9,15 miliar euro. Penurunan penjualan yang tajam terjadi di Eropa pada semester kedua 2008. Total penjualan mobil dan truk ringan Renault tahun ini akan turun dibandingkan penjualan tahun lalu 2,49 juta unit.

Perekonomian dunia, terutama di AS dan Eropa, yang melemah karena krisis keuangan membuat Renault perlu mempertimbangkan penjualannya. Pada Februari, Renault yang merupakan raksasa otomotif nomor empat dunia setelah General Motors, Toyota Motor, dan Ford masih memperkirakan pertumbuhan penjualan dengan 10 persen.

”Jelas krisis muncul. Seluruh ekonomi riil terpukul dan industri otomotif, termasuk Renault, juga ikut terpukul,” ujar Patrick Pelata, kepala bagian operasi, dalam jumpa pers. Renault kini terus memantau kondisi Rusia, Brasil, dan Argentina yang menjadi pasar potensial Renault.

Bulan lalu Renault mengumumkan pemutusan hubungan kerja (PHK) 6.000 pekerja di seluruh Eropa. Total ada 130.000 pekerja di Renault.

Sekitar 6.100 pekerja pabrik Nissan di Barcelona, Spanyol, juga harus terkena PHK. Nissan merupakan salah satu afiliasi Renault. Ini karena penjualan Pathfinder, Navara 4 x 4s, dan Primastar Van di AS merosot 34 persen pada September lalu dibandingkan dengan tahun lalu sebesar 59.565 unit. Tiga jenis mobil Nissan ini dibuat di Barcelona.

Kondisi otomotif dunia

Kondisi Renault merupakan gambaran dari seluruh industri otomotif dunia yang terpukul sejak krisis keuangan melanda AS dan Eropa. Industri otomotif Italia, Fiat; Volvo dari Swedia; dan Chrysler sudah mengumumkan langkah penghematan karena penjualan yang merosot tajam

Industri otomotif Perancis, PSA Peugeot-Citroen, Jumat, juga memerintahkan pengurangan produksi besar-besaran karena penjualan menurun. Perkiraan penjualan Peugeot di Eropa Barat pada kuartal keempat 2008 akan turun 17 persen.

Raksasa otomotif nomor tiga AS, Chrysler, Jumat, juga mengurangi 5.000 pekerja administrasi dan magang hingga akhir tahun ini. ”Langkah ini untuk membantu perusahaan menghadapi krisis keuangan yang memperlemah pasar global,” ujar David Elshoff, juru bicara Chrysler.

Riset di AS menunjukkan, seperempat dari pekerja perusahaan di AS akan terkena PHK dalam 12 bulan mendatang guna mengurangi biaya.

Survei Watson Wyatt, perusahaan konsultasi dunia, menunjukkan betapa kondisi ekonomi terus memburuk akibat krisis terutama di AS.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s