Jenderal Mata Mata Suriah Tewas Terbunuh


Seorang brigadir jenderal yang diperkirakan sebagai penghubung rezim Suriah dengan Hezbollah di Lebanon telah dibunuh. Berita itu muncul hampir enam bulan setelah terbunuhnya seorang komandan militer top Hezbollah, Imad Mughnieh, dalam sebuah bom mobil di Damascus.

Kelompok militan Syiah mengatakan pembunuhan itu dilakukan oleh Israel.

Harian Al-Hayat yang dimiliki Arab Saudi, Minggu (3/8), mengutip ”sumber-sumber yang mengetahui” di London yang mengatakan seorang perwira senior Suriah telah ditemukan tewas.

Informasi seputar insiden itu tidak jelas, kata harian pan-Arab yang berbasis di London itu. Dalam laporannya disebutkan, perwira itu selama ini ”bertanggung jawab atas dokumen-dokumen sensitif. Dia juga dekat dengan petinggi militer Suriah”.

Kepala keamanan

Al-Bawaba, sebuah situs berita internet Arab, menyebutkan, perwira itu bernama Mohammed Suleiman. Disebutkan, dia adalah ”perwira penghubung Suriah dengan gerakan Hezbollah Lebanon”.

Situs itu menyatakan dia tewas oleh seorang penembak gelap di kota Tartus, Suriah barat laut, dan dimakamkan di kota asalnya, Driekesh, pada hari Minggu.

Harian Lebanon Al-Mutaqbal yang anti-Suriah mengutip sebuah situs berita Suriah yang mengatakan Suleiman adalah Kepala Keamanan Istana Kepresidenan di Damascus dan ”tangan kanan” Presiden Bashar al-Assad.

Seorang pejabat Hezbollah mengatakan kepada AFP di Lebanon bahwa dia tidak kenal Mohammed Suleiman dan belum mendengar perihal pembunuhan itu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s