Rusia Ancam Israel Bila Berani Menyerang Fasilitas Nuklir Iran


Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mewanti-wanti bahwa serangan militer Israel ke Iran akan menimbulkan akibat yang tak bisa ditebak. “Sebuah kekeliruan yang serius,” ujarnya kepada wartawan di Moskow. Sebab, “Intervensi militer hanya akan berujung pada jatuhnya korban jiwa dan menimbulkan penderitaan bagi manusia,” tuturnya.

Pernyataan Lavrov itu menimpali niat Presiden Israel Shimon Peres yang ingin menyerang Negeri Mullah itu. “Kemungkinan serangan militer terhadap Iran kian nyata ketimbang opsi diplomatik,” kata Peres. Pekan lalu, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu berusaha mendapatkan dukungan kabinet bagi satu serangan terhadap Iran.

Satu jajak pendapat yang disiarkan koran Israel, Haaretz, Kamis lalu, menyatakan opini publik Israel terbelah mengenai serangan terhadap fasilitas-fasilitas nuklir Iran. Sebanyak 41 persen mendukung, 39 persen menentang, dan 20 persen tidak memberi keputusan. Menteri Pertahanan Ehud Barak bahkan menolak perintah menggelar serangan militer.

“Kami percaya sanksi-sanksi akan lebih efektif,” tutur Barak, yang menyebut rencana Iran membuat senjata nuklir sebagai ancaman terhadap stabilitas dunia. “Diplomasi bisa bekerja andaikata kita bersatu.” Israel ngotot menyerang Iran setelah intelijen mereka menyimpulkan bahwa Iran bakal memindahkan fasilitas nuklir mereka ke kota suci Qom, akhir tahun ini.

Rencana menyerang Iran berawal dari sejumlah laporan intelijen kepada Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) yang menyebutkan adanya upaya Iran mengembangkan teknologi senjata nuklir. Koran The Washington Post pada Ahad lalu melansir laporan sejumlah diplomat Barat dan pakar nuklir yang mengkaji laporan intelijen itu.

“Iran telah mengambil langkah-langkah utama untuk mengatasi tantangan teknis dengan bantuan ilmuwan asing,” demikian ditulis The Washington Post. Disebut-sebut, Iran mendapat bantuan dari Korea Utara dan Abdul Qadeer Khan, pakar nuklir Pakistan. Bekas pejabat IAEA, David Albright, menyebut Iran telah mendapatkan desain dan menguji kapsul peledak.

Ulama Iran, Ayatollah Ahmad Khatami, mengingatkan Ketua IAEA Yukiya Amano agar tak merilis laporan intelijen tersebut pada pekan ini. “Laporan penuh kebohongan itu akan merusak kredibilitas IAEA,” katanya, seraya menegaskan Iran akan “menyiksa” Israel jika menyerang wilayah mereka.

About these ads

35 responses to “Rusia Ancam Israel Bila Berani Menyerang Fasilitas Nuklir Iran

  1. bisa bisa perang nuklir niy…

  2. hidup rusia …..

  3. Rasanya memang belum waktu untuk menyerang Iran masih menunggu legalitas.

    • of to you

    • karena amerika takut akan ke gagalan yg ke dua kalinya ketika akan menyerang iran saat Rejim Raja rejavahlevi tumbang ketika itu iran sudah di kepung oleh agen CIA di dlm negaranya dan sudah disiapkan pasukan dengan dua pesawat angkut pasukan dan 6 pesawat tempur jenis Apache di gurun pasir tapi apa, satu hari dia sebelum menyerang Iran terjadi badai gurun yang menghancurkan pesawat dan mengubur pasukannya di situ sehingga presidin zimikarter turun dari jabatannya itulah trauma Amerika di Iran. Sayang iran negaa sekerang penuh korupsi dan presidennya suka membunuhi rakyat yg lemah dan memperkosa anak perempuan yg menentang mrk … smoga dilaknat Allah

  4. IAEA, tolol, congean, guoblok, bego dsb. dunia sudah tau elu el israel, dasar guoblok…

    • wah iran yg gagah berani ternyata hrs dibela jg … dan ironisnya yg diminta bantuan adalh kaum kafir yg tidak percaya Allah SWT

  5. waktu yang baik menyerang Israel mumpung ada rusia … kalo tdk kita pasti kalah

  6. negara pengacau dunia itu adalah amerika serikat dan iran itu sendiri, jual nyawa negara orang lain, merasa benar sendiri, ngroyok. sesekali iran dan amerika memeang perlu di embagao biar mampus

  7. pengacau yang berwajah dermawan. Pembunuh yang berwajah pelindung !

  8. akan terjadi suatu pukulan balasan dan menyakitkan bagi negara barat apabila negara barat dan israel menyerang iran. dunia akan menyaksikan kejatuhan negara negara sombong tsb

  9. Saya dukung IRAN…..sebab IRAN tidak pernah obrak-abrik negara lain. Kenapa Pakistan, India, Rusia, Amerika, Perancis, Inggris, Israel, Korut, Jepang, China dan Ukraina boleh pake Nuklir tetapi Iran malah di larang.

  10. hidup rusia … hidup commi

  11. hidup rusia ……….

  12. Setelah irak lalu suriah sekarang iran giliran hancur. Akibat para pemimpin yg suka korupsi

    • Goblokkkk …loe mau bangsa loe diinjak2 kan lebih enak diinjak-injak sama bangsa sendiri daripada amerika?bukan lebih enak jadi alas kaki bangsa sendiri drpd alas kaki amerika? walau suka korupsi tp hrs tetep punya integritas dan aklak yg tinggi … ngerti nggak si loe bego … dasar tolol

  13. Iran akan “menyiksa” Israel jika menyerang wilayah mereka.
    gw demen dengan kata-kata ini.

  14. jangan tkut Iran. . Maju truz. Jangan mau jd bangsa bodoh dan benci ilmu pengetahuan dan bermata satu seperti dajjal … krn dajjal bodoh dan benci ilmu pengetahuan maka matanya satu krn Al-quran untuk org yg berpikir

  15. maju iran, jika dserang balaz dgn serangan.. jngn kayak negara cemen yg bru diembargo ekonomix dah keok.. IRAN satu2x negara pemberani membunuh semua rakyatnya bila membrontak..

  16. Apakah Umat manusia tidak bisa berdamai antar sesamanya???
    Cobalah untuk berdamai dan membangun komunikasi yang baik, walaupun kita berbeda suku, bangsa, ras, dan agama….

  17. Hajar Israel…!!!!!!
    Hancurkan mereka….!!!!!
    Maju terus IRAN….!!!!!

  18. perlu beri sangsi kepada USA, jangan dia saja yang beri sangsi. negara sombong itu perlu juga di kasih pelajaran yang membikin mereka mawas diri

  19. hore…… sebentar lagi kaum yahudi akan bertekuk lutut…. dan hancur dari muka bumi ini………. hidup…… iran!

  20. dari dulu smw yo tw seluruh dunia klw minta bantuan komunis tdk percaya Alloh x itu kafir x cak…, seng ora ngerti yo goblok ae…

  21. Bantai israel…semua islam bersatu dg komunis
    Allah akbar

  22. SUDAH KALAU PERANG YA PERANG GA USAH ADU OPINI

    SDH LAMA KAN ISRAEL N USA MO NYERANG IRAN ????????

    GO AHEAD IRAN ……………………………………………………………….

  23. Jangan ragu2 iran pasti banyak negara2 yg membela kmu??
    .LANJUTKAN WEZ.

  24. kalian gak tau apa2 pake ngebacot gak karuan,,haaah
    kenapa russia mendikung iran,,karena mereka sama2 tidak suka jews(yahudi-yahudi) bor..

  25. e orang indo taik lu pade ., lu tau apa dasar penjajah binatang lu … bebaskan papua seperti timor leste, km itu yang suka perkosa wanita , bukan iran !!!, iran presidennya suka korupsi gak kayak loe org indo . dasar indon goblok … sampai skrg negara lu jadi penakut tau, makan tuh taik.

  26. Lebih bagus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s