Tingkat Hutang Negara Eropa Berada Pada Tingkat Yang Mengkhawatirkan


Tingkat utang Pemerintah Eropa akan memasuki tingkat bahaya. Berbagai langkah harus dilakukan untuk menurunkan rasio utang. Demikian dinyatakan oleh Dana Moneter Internasional di Washington, Selasa (11/5).

Dana Moneter Internasional (IMF) baru saja menyetujui untuk ambil bagian dalam penyediaan dana sebesar satu triliun dollar AS bersama Uni Eropa. IMF juga mengatakan, beban utang harus diturunkan dan anggaran nasional harus kembali seimbang dalam jangka waktu menengah.

Dana itu disediakan untuk mencegah efek domino krisis utang Yunani agar tidak merembes ke Portugal, Spanyol, dan lainnya.

Dalam jangka pendek, hal yang harus dihindari adalah risiko kawasan terbenam lagi ke dalam resesi. ”Bagi negara-negara yang sudah rendah kredibilitas fiskalnya, konsolidasi segera merupakan keharusan,” ujar IMF. Utang dan masalah anggaran meningkat, sedangkan pemulihan ekonomi hanya bersifat moderat.

Akan meluas

Sama seperti Yunani, sejumlah negara di kawasan Uni Eropa terbenam ke dalam masalah utang besar, sementara penerimaan negara anjlok. Gambaran buruk itu membuat pasar saham dan kurs euro melemah tajam.

Penyediaan dana satu triliun dollar AS bertujuan mencegah kejatuhan euro dan mencegah krisis merebak lagi. Namun, persiapan dana itu oleh para pelaku pasar dinilai tidak cukup. Mereka malah khawatir krisis utang akan makin meluas di Eropa.

Di Eropa, indeks FTSE 100 London turun 2 persen, DAX Frankfurt turun 1,2 persen, dan CAC-40 Paris turun 2 persen.

Sebelumnya, indeks-indeks ini naik pesat pada perdagangan Senin lalu setelah Uni Eropa mengungkapkan paket satu triliun untuk mempertahankan euro tersebut.

Kenaikan indeks juga diharap terjadi di Wall Stret pada perdagangan Selasa waktu setempat

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s