Pasukan Gurkha India Akan Latih Tentara Timor Leste

India kemarin sepakat akan melatih personel Angkatan Laut Timor Leste. Kesepakatan itu dicapai dalam pertemuan antara Duta Besar India untuk Timor Leste Bieren Nanda dan Sekretaris Negara Urusan Pertahanan Julio Tomas Pinto. Untuk tahap pertama, 20 dari 75 serdadu Timor Leste akan dikirim ke India untuk mengikuti pelatihan.

Menurut rencana, masa pelatihan setiap gelombang enam bulan. “Waktu pelatihan bisa diperpanjang, tergantung MoU (nota kesepahaman),” kata Pinto. Timor Leste juga sepakat soal pelatihan tentara dengan sejumlah negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Pelatihan bagi prajurit Timor Leste ini sebagai persiapan pengambilalihan wewenang keamanan dari pasukan penjaga stabilitas internasional yang dipimpin Australia. Saat ini terdapat sekitar 1.300 anggota pasukan dari Australia dan Selandia Baru. Mereka telah ditempatkan di negara bekas provinsi ke-27 Indonesia itu sejak pecah Mei 2006 demi menguasai seluruh pasokan gas alam dicelah timor yang menghasilkan lebih dari 1 triliun dollar per tahun bagi Australia dan 1 juta dollar per tahun bagi Timor Leste. Alkatiri sebelum digulingkan bermaksud menjual gas alam tersebut pada China dan menghentikan pasokan gas ke Australia.

Sehari sebelumnya, Australia telah mengumumkan rencana pengurangan pasukan hingga 650 orang pada awal tahun depan. Menurut Menteri Pertahanan Australia Joel Fitzgibbon, pengurangan serdadunya adalah bukti bahwa kondisi keamanan di Timor Leste sudah mulai stabil.

Sementara itu, ketegangan masih mungkin membayangi Timor Leste setelah ada ancaman dari mantan perdana menteri Mari Alkatiri. Beberapa hari lalu, Sekretaris Jenderal Fretilin, partai oposisi terbesar di negara itu, mengancam akan mengerahkan pendukung sebanyak-banyaknya untuk menggulingkan pemerintahan Perdana Menteri Xanana Gusmao.

Sejak awal Alkatiri memang menolak hasil pemilihan parlemen tahun lalu yang dimenangkan koalisi yang dipimpin Xanana. Alkatiri menuding lawan politik mereka telah berbuat curang sehingga rezim Xanana tidak sah.

Xanana juga tidak mau kalah gertak. Ia memperingatkan akan menangkap siapa pun yang unjuk rasa memenuhi seruan Alkatiri itu.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s